Pengembangan Majalah Kimia Materi Hidrokarbon sebagai Sumber Belajar Mandiri untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kreativitas Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Mlati

Yuliyanto, Eko (2013) Pengembangan Majalah Kimia Materi Hidrokarbon sebagai Sumber Belajar Mandiri untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kreativitas Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Mlati. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eko-yuliyanto-11708251028.swf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kelayakan majalah kimia berdasarkan aspek materi, penyajian, bahasa dan gambar, dan (2) mengetahui keefektifan penggunaan majalah kimia pada pembelajaran kimia dalam meningkatkan motivasi dan kreativitas peserta didik kelas X SMA N 1 Mlati. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan melalui tujuh tahap yaitu: penelitian pendahuluan; perumusan tujuan; perancangan format produk dan pembuatan instrumen penilaian majalah kimia; penyusunan instrumen variabel (motivasi dan kreaivitas); penyusuanan draft majalah kimia; validasi oleh teman sejawat, ahli materi, ahli media dan pembelajaran, guru kimia; uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Tahap uji coba lapangan menggunakan quasi exsperiment dengan rancangan non-equivalent control group design dan penelitian ini melibatkan kelas kontrol (n=29) dan kelas eksperimen (n=30) yang dipilih dengan teknik simple cluster random sampling dari tiga kelas yang ada di SMA N 1 Mlati. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen kualitas majalah kimia, lembar angket motivasi belajar, lembar observasi motivasi, lembar angket kreativitas peserta didik, lembar observasi kreativitas peserta didik, dan lembar respon siswa. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) majalah kimia hasil pengembangan berdasarkan penilaian oleh teman sejawat, ahli materi, ahli media dan pembelajaran, guru kimia, serta peserta didik dari aspek materi, penyajian, bahasa dan gambar dinyatakan layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri pada proses pembelajarn kimia, dan (2) berdasarkan hasil uji lapangan yang dianalisis menggunakan uji Multivariate Analisis of Variance (MANOVA) disimpulkan bahwa motivasi dan kreativitas peserta didik secara simultan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak berbeda signifikan (Sig.= 0,058; p>0,05). Hal ini menunjukkan bahwa majalah kimia tidak efektif dalam meningkatkan motivasi dan kreativitas pada proses pembelajaran kimia kelas X di SMA Mlati.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: majalah kimia, sumber belajar mandiri, motivasi, kreativitas
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2016 11:24
Last Modified: 29 Jan 2019 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30670

Actions (login required)

View Item View Item