PENINGKATAN KEKUATAN DAN DAYA TAHAN KAKI SAAT MENARI MELALUI LOMPAT TALI (SKIPPING) DI KELAS VIIIA SMP NEGERI 12 MAGELANG

Aldia Wulandari, Aldia (2016) PENINGKATAN KEKUATAN DAN DAYA TAHAN KAKI SAAT MENARI MELALUI LOMPAT TALI (SKIPPING) DI KELAS VIIIA SMP NEGERI 12 MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PENINGKATAN KEKUATAN DAN DAYA TAHAN KAKI SAAT MENARI MELALUI LOMPAT TALI (SKIPPING) DI KELAS VIII.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan kekuatan dan daya tahan kaki saat menari melalui lompat tali di kelas VIIIA SMP Negeri 12 Magelang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: a) perencanaan, b) implementasi tindakan, c) observasi, dan d) refleksi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 12 Magelang sebanyak 32 responden. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini telah divalidasi oleh expert. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi, konstrak, logis, demokratis, dan hasil. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kekuatan dan daya tahan kaki saat menari melalui lompat tali di Kelas VIII A SMP Negeri 12 Magelang. Hasil evaluasi siklus I adalah sebanyak 22 responden atau sebesar 68,75% telah melampaui standar keberhasilan tindakan. Hasil evaluasi sikus II seluruh responden atau sebesar 100% telah berhasil mencapai kriteria keberhasilan tindakan. Kesimpulannya, lompat tali mampu meningkatkan kekuatan dan daya tahan kaki saat menari peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 12 Magelang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penelitian, peningkatan kekuatan dan daya tahan kaki, menari, lompat tali.
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 05 Apr 2016 04:39
Last Modified: 30 Jan 2019 07:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30660

Actions (login required)

View Item View Item