PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR CAD MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK OTOMOTIF NON-REGULER FT UNY MELALUI PEMBUATAN “POHON KATA” PERINTAH DALAM PROGRAM AUTOCAD

Martubi, - and Fatah, Amir (2010) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR CAD MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK OTOMOTIF NON-REGULER FT UNY MELALUI PEMBUATAN “POHON KATA” PERINTAH DALAM PROGRAM AUTOCAD. [Experiment/Research]

[img] Text
IMPROVING_THE_LEARNING_ACHIEVEMENT_AMONG_STUDENTS_OF_SWADANA_PROGRAM_FOR_COMPUTER_AIDED_DESIGN_CLASS_(CAD)_THROUGH_THE_USE_OF_�%80%9CWORD_TREE�%80%9D_AS_AUTOCAD_PROGRAM_COMMAND.doc

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi-eksperimen yang mempunyai tujuan utama meningkatkan prestasi belajar mata kuliah Computer Aided Design (CAD) mahasiswa program studi Teknik Otomotif Non-Reguler yang dinyatakan dalam bentuk rerata nilai akhir semester yang berasal dari komponen nilai tugas-tugas harian, nilai ujian sisipan (ujian tengah semester ) dan nilai ujian akhir semester. Tahapan penelitian ini diawalai dengan penyusunan materi pembelajaran yang dikemas dalam sejumlah pokok bahasan tertentu dalam satu job sheet (lembar kerja), dilanjutkan dengan pembuatan bantuan “Pohon Kata” perintah dalam Auto Cad yang hanya akan diberikan kepada kelas eksperimen yang ditentukan secara random dari dua kelas peserta kuliah Auto Cad pada Semester Genap 2008/2009. Kemudian kedua kelas diamati prestasinya, baik kecepaan penyelesaiannya maupun kualitas kebenaran gambarnya. Disamping itu prestasi belajar kedua kelas juga diukur melalui pemberian ujian tengah semester dan juga ujian akhir semester. Setelah data prestasi kedua kelas terkumpul dilanjutkan dengan analisis statistik melalui uji beda ( t-test ) setelah sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis yang ternyata dapat dipenuhi. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: Prestasi belajar CAD mahasiswa pada kelas yang diberi perlakuan strategi pembelajaran menggunakan “Pohon Kata” perintah dalam Program Auto Cad lebih baik dibanding prestasi belajar CAD mahasiswa pada kelas yang tidak diberi perlakuan dengan “Pohon Kata” perintah dalam Program Auto Cad ( 75,41 > 70,89 ), dengan demikian juga dapat disimpulkan bahwa: Pembelajaran CAD menggunakan media “Pohon Kata” perintah dalam Program Auto Cad dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa Teknik Otomotif Program Non-Reguler.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 03:36
Last Modified: 07 Aug 2012 03:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3066

Actions (login required)

View Item View Item