PENGEMBANGAN BUKU AJAR “MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH: TIPE NATURAL” PADA PEMBELAJARAN MATA DIKLAT MENGGAMBAR BUSANA DI SMKN 1 GEGERBITUNG SUKABUMI JAWA BARAT

Narulita, Hidayati Hapsari (2016) PENGEMBANGAN BUKU AJAR “MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH: TIPE NATURAL” PADA PEMBELAJARAN MATA DIKLAT MENGGAMBAR BUSANA DI SMKN 1 GEGERBITUNG SUKABUMI JAWA BARAT. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Narulita Hidayati Hapsari - 07513242009.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN BUKU AJAR “MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH: TIPE NATURAL” PADA PEMBELAJARAN MATA DIKLAT MENGGAMBAR BUSANA DI SMKN 1 GEGERBITUNG SUKABUMI JAWA BARAT Oleh: Narulita Hidayati Hapsari NIM. 07513242009 Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pengembangan buku ajar ”Menggambar Proporsi Tubuh: Tipe Natural” pada pembelajaran mata diklat menggambar busana di SMK Negeri 1 Gegerbitung, 2) Untuk mengetahui kelayakan buku ajar ”Menggambar Proporsi Tubuh: Tipe Natural” pada pembelajaran mata diklat menggambar busana di SMK Negeri 1 Gegerbitung, 3) Untuk mengetahui efektifitas Pengembangan buku ajar ”Menggambar Proporsi Tubuh: Tipe Natural” pada pembelajaran mata diklat menggambar busana di SMK Negeri 1 Gegerbitung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development. Model pengembangan Borg and Gall yang telah disederhanakan oleh Anik Gufron meliputi empat langkah penelitian yaitu 1) perencanaan/study pendahuluan, 2) pengembangan produk, 3) uji coba produk, dan 4) diseminasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI Jurusan Busana Butik SMK Negeri 1 Gegerbitung dengan jumlah keseluruhan 29 siswa. Instrumen yang digunakan berupa wawancara dan observasi pada tahap studi pendahuluan, angket pada validasi dan kelayakan buku, serta tes pada tahap ujicoba buku untuk efektifitas buku. Hasil dari pengumpulan data tersebut dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Buku ”Menggambar Proporsi Tubuh: Tipe Natural” Pada Pembelajaran Mata Diklat Menggambar Busana di SMK Negeri 1 Gegerbitung melalui tahapan Perencanaan /studi pendahuluan, Pengembangan produk, Ujicoba produk, dan diseminasi. Buku di uji validasi oleh ahli materi, ahli media, ahli evaluasi serta guru mata pelajaran. Kriteria validasi buku oleh ahli materi menyatakan “layak” dengan Mean (Me)3.7; ahli media menyatakan “layak” dengan Mean (Me) 3.7; ahli evaluasi menyatakan “layak” dengan Mean (Me) 3.5; dan guru mata pelajaran menyatakan “layak” dengan Mean (Me) 3.8. Kelayakan buku dinilai oleh siswa menyatakan ”layak” dengan Mean (Me) 105.00, baik dari aspek materi, bahasa dan keterbacaan, serta grafika. Uji efektifitas buku dapat disimpulkan bahwa nilai pembelajaran sebelum menggunakan buku (Pre Test) dan nilai pembelajaran sesudah menggunakan buku (Post Test) berada pada kategori (B) baik. Akan tetapi persentase hasil nilai post test (100%), lebih tinggi dibandingkan dengan presentase nilai pre test (97%). Hal ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil nilai pembelajaran siswa setelah menggunakan buku. Kata kunci: Buku, kelayakan, dan efektifitas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 05 Apr 2016 03:41
Last Modified: 30 Jan 2019 07:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30656

Actions (login required)

View Item View Item