MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B TK KKLKMD SEDYO RUKUN, BAMBANGLIPURO, BANTUL

Widiyanti (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B TK KKLKMD SEDYO RUKUN, BAMBANGLIPURO, BANTUL. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains anak kelompok B TK KKLKMD Sedyo Rukun, Bambanglipuro, Bantul melalui metode eksperimen. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains anak Kelompok B khususnya pada keterampilan mengamati (mengobservasi), memprediksi (meramalkan), mengklasifikasi (mengelompokkan), dan mengkomunikasikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru TK. Model penelitian menggunakan model yang dikembangkan oleh Kurt Lewin. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Subyek yang diteliti adalah anak kelompok B TK KKLKMD Sedyo Rukun yang berjumlah 19 anak terdiri dari 11 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Obyek dalam penelitian ini adalah keterampilan proses sains melalui metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains anak Kelompok B TK KKLKMD Sedyo Rukun. Peningkatan keterampilan proses sains dapat dilihat saat pra-tindakan 10,53% dari 19 anak berada dalam kriteria baik (Berkembang Sangat Baik/BSB). Pada siklus I, 52,63% dari 19 anak dalam kriteria baik (Berkembang Sangat Baik/BSB). Pada siklus II diperoleh 100% dari 19 anak dalam kriteria baik (Berkembang Sangat Baik/BSB) pada keterampilan mengamati, memprediksi, mengklasifikasi, dan mengkomunikasikan. Perbaikan proses pembelajaran yang dilakukan meliputi: memberi penguatan dan penghargaan, menghadirkan masalah dengan lebih menarik, meningkatkan pengelolaan kelas, memotivasi anak agar senantiasa percaya diri, dan memberi tindakan lebih pada anak yang masih dalam kriteria kurang baik (Mulai Berkembang/MB). Keterampilan proses sains dapat meningkat melalui pembelajaran dengan metode eksperimen dengan langkah-langkah yang meliputi: percobaan awal, pengamatan, membuat dugaan sederhana, melakukan percobaan untuk membuktikan dugaan, mengkomunikasikan hasil temuannya, dan evaluasi. Jadi, keterampilan proses sains pada anak Kelompok B TK KKLKMD Sedyo Rukun dapat ditingkatkan melalui metode eksperimen. Kata kunci: keterampilan proses sains, metode eksperimen, kognitif anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 05 Apr 2016 03:27
Last Modified: 30 Jan 2019 07:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30651

Actions (login required)

View Item View Item