IDENTIFIKASI FAKTOR PENGHAMBAT PERMAINAN TRADISIONAL PADA SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI 4 PERCOBAAN, WATES KULON PROGO

Asep Setyawan (2016) IDENTIFIKASI FAKTOR PENGHAMBAT PERMAINAN TRADISIONAL PADA SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI 4 PERCOBAAN, WATES KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ASEP PGSD 2011.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pembelajaran di lapangan tentang permainan tradisional yang belum sesuai dengan harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor penghambat permainan tradisional pada siswa kelas IV dan V SD Negeri 4 Percobaan, Wates, Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan IV SD Negeri 4 Percobaan Wates yang berjumlah 50 siswa. Instrumen yang digunakan mencakup beberapa faktor, meliputi : Faktor Internal yaitu: Fisiologis, Psikologis, dan Faktor Eksternal yaitu:Keluarga, Guru, sarpras, Kurikulum, Lingkungan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa faktor penghambat permainan tradisional pada siswa kelas IV dan V SD Negeri 4 Percobaan, Wates, Kulon Progo berdasarkan faktor internal dengan persentase sebesar 55,73%, dan faktor eksternal dengan persentase sebesar 44,27%. Kata Kunci: hambatan pembelajaran, permainan tradisional

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hambatan pembelajaran, permainan tradisional
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 05 Apr 2016 07:07
Last Modified: 30 Jan 2019 07:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30648

Actions (login required)

View Item View Item