EVALUASI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PRAKTIK BENGKEL DI BALAI LATIHAN PENDIDIKAN TEKNIK (BLPT) YOGYAKARTA

Nanang, Nugroho (2016) EVALUASI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PRAKTIK BENGKEL DI BALAI LATIHAN PENDIDIKAN TEKNIK (BLPT) YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Nanang Nugroho - 10503241032.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

EVALUASI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PRAKTIK BENGKEL DI BALAI LATIHAN PENDIDIKAN TEKNIK (BLPT) YOGYAKARTA Oleh: Nanang Nugroho NIM 10503241032 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh gambaran tentang pembelajaran praktik di BLPT Yogyakarta, (2) menentukan tingkat keberhasilan pembelajaran praktik dengan sistem reguler, (3) mengetahui bagaimana hasil pembelajaran praktik dengan sistem reguler, (4) memperoleh informasi tentang aspek-aspek yang menjadi kelemahan pembelajaran praktik dengan sistem reguler dan (5) memperoleh informasi tentang aspek-aspek yang menjadi keberhasilan pada pembelajaran praktik dengan sistem reguler. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa Jurusan Teknik Pemesinan Kelas X dan kelas XI SMK Negeri 2 Yogyakarta dengan populasi berjumlah 250 siswa. Teknik sampling yang digunakan untuk mengambil sampel menggunakan teknik stratifikasi. Sampel untuk kelas X Teknik Pemesinan berjumlah 78 siswa dan kelas XI Teknik Pemesinan berjumlah 75 siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta pada tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu: (1) Gambaran implementasi pembelajaran praktik bengkel di BLPT sudah baik dilihat dari segi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran praktik, (2) tingkat keberhasilan pembelajaran praktik dengan menggunakan sistem reguler sebesar 96,08%, (3) hasil pembelajaran praktik dengan sistem reguler menunjukkan hasil yang baik, (4) aspek kelamahan pada pembelajaran praktik reguler yaitu penjadwalan remidi sulit, penggunaan peralatan praktik yang bergantian dan libur, (5) aspek kekuatan pembelajaran praktik reguler yaitu perangkat pembelajaran yang sudah dipersiapkan, sarana dan prasarana pembelajaran praktik sudah mencukupi, terjadi pendampingan dan interaksi yang baik oleh guru serta penilaian pembelajaran yang terbuka dengan siswa. Kata kunci: evaluasi, implementasi, pembelajaran praktik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 05 Apr 2016 02:09
Last Modified: 30 Jan 2019 07:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30642

Actions (login required)

View Item View Item