Mudafiul, Haq (2016) Evaluasi Penerapan Sistem Menajemen Mutu Berstandar ISO 9001:2008 pada Aspek Pembelajaran di SMK Negeri 3 Yogyakarta. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Muudafiul Haq 09501241022.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Evaluasi Penerapan Sistem Menajemen Mutu Berstandar ISO 9001:2008 pada Aspek Pembelajaran di SMK Negeri 3 Yogyakarta Oleh: Mudafiul Haq NIM. 09501241022 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 pada aspek pembelajaran di SMK Negeri 3 Yogyakarta, (2) faktor-faktor yang mendukung dalam penerapan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 pada aspek pembelajaran di SMK Negeri 3 Yogyakarta, (3) faktor-faktor yang menghambat penerapan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 pada aspek pembelajaran di SMK Negeri 3 Yogyakarta, dan (4) upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan penerapan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 pada aspek pembelajaran di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP (context, input, prosess, dan product). Informan pada penelitian ini yaitu: wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan kepala program keahlian, sedangkan responden penelitian ini yaitu siswa kelas XII dengan jumlah sampel sebanyak 221 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Validitas kontruk instrumen penelitian dengan Expert Judgement dan validitas instrumen angket dilakukan dengan analisis butir. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Setelah data terkumpul selanjutnya data diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penerapan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 pada aspek pembelajaran di SMK N 3 Yogyakarta, dikategorikan dengan sangat baik, (2) faktor-faktor pendukung dalam penerapan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 pada aspek pembelajaran di SMK N 3 Yogyakarta adalah pengelolaan sistem manajemen mutu, (3) faktor-faktor yang menghambat dalam penerapan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008 pada aspek pembelajaran di SMK N 3 Yogyakarta dalam pembelajaran adalah: minat belajar siswa, ketidak-cocokkan terhadap jurusan yang siswa jalani, dan lingkungan keluarga siswa, dan (4) upayaupaya untuk mengatasi faktor-faktor yang menghambat penerapan mutu berstandar ISO 9001:2008 pada aspek pembelajaran di SMK N 3 Yogyakarta adalah meningkatan motivasi siswa dan mengoptimalkan fungsi guru. Kata kunci: evaluasi, sistem manajemen mutu, dan standar ISO
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektro |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 05 Apr 2016 01:42 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30638 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |