INTERAKSI SOSIAL SUKU ANAK DALAM DENGAN MASYARAKAT SEKITAR (STUDI DI DESA MENTAWAK, KECAMATAN NALO TANTAN (NTT), KABUPATEN MERANGIN, JAMBI)

Kurniawati, Nailatun (2016) INTERAKSI SOSIAL SUKU ANAK DALAM DENGAN MASYARAKAT SEKITAR (STUDI DI DESA MENTAWAK, KECAMATAN NALO TANTAN (NTT), KABUPATEN MERANGIN, JAMBI). S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
2. SKRIPSI 11413244002.swf - Published Version

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan bentuk interaksi sosial Suku Anak Dalam dengan masyarakat sekitar di desa mentawak, kecamatan Nalo Tantan kabupaten Merangin Jambi, dan untuk mengetahui dampak yang timbul dari interaksi sosial suku Anak Dalam dengan masyarakat sekitar. Penelitian ini menggunakan etnometodologi berupa sebuah etnografi, sehingga penelitian harus lebih efektif dengan meleburkan diri menjadi sebagian dari subjek yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lebih dulu studi pustaka untuk mengumpulkan data tertulis mengenai Suku Anak Dalam dan “bersentuhan” dengan mereka dan mencoba “masuk” dalam kehidupan mereka. Dalam penelitian ini diterapkan metode observasi terlibat (participant observation) dan riset lapangan (field research) dalam mencari data di lapangan. Teknik validitas data penulis menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu penggumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa interaksi suku anak dalam sudah mulai terbuka dengan masyarakat sekitar, bentuk interaksi sosial yang terjadi antara suku anak dalam dan masyarakat sekitar dengan proses asosiatif dan disosiatif yang mana bentuk dari proses asosiatif berupa kerjasama dan akomodasi, dan proses disosiatif berupa konflik. Interaksi Suku Anak Dalam dengan masyarakat sekitar memiliki dampak positif dan negatif. Faktor yang mempengaruhi interaksi sosial suku anak dalam dengan masyarakat sekitar yaitu bagi masyarakat sekitar keadaanlah yang memaksa mereka harus berinteraksi dengan suku anak dalam, karena masyarakat sekitar menghindari dari yang namanya konflik dengan suku anak dalam Kata Kunci: Interaksi Sosial, Suku Anak Dalam, Bentuk Interaksi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 05 Apr 2016 00:53
Last Modified: 30 Jan 2019 07:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30624

Actions (login required)

View Item View Item