PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK UNTUK MATERI PEMBUATAN BUSANA SECARA INDUSTRI BAGI SISWA KELAS XI BUSANA BUTIK DI SMK N 1 SEWON

Dari, Mita Septia (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK UNTUK MATERI PEMBUATAN BUSANA SECARA INDUSTRI BAGI SISWA KELAS XI BUSANA BUTIK DI SMK N 1 SEWON. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Mita Septia Sari 13513247002.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK UNTUK MATERI PEMBUATAN BUSANA SECARA INDUSTRI BAGI SISWA KELAS XI BUSANA BUTIK DI SMK N 1 SEWON Oleh : Mita Septia Sari NIM.13513247002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran komik pembuatan busana secara industri bagi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sewon; 2) mengetahui kelayakan komik media pembelajaran pembuatan busana secara industri bagi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi oleh Tim Puslitjaknov dengan 5 tahapan yang meliputi : 1) analisis produk yang akan dikembangkan, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi dan revisi, 4) uji coba kelompok kecil, 5) uji kelompok besar dan produk akhir. Validasi komik dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba kelompok kecil dilakukan dengan 5 siswa dan untuk uji coba kelompok besar dilakukan dengan 25 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Uji validitas yang digunakan adalah validitas konstruk. Penelitian ini menggunakan reliabilitas internal dengan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian pengembangan komik pada materi pembuatan busana secara industri bagi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sewon ini adalah : 1) mengembangkan media pembelajaran dengan tahap : a) analisis kebutuhan produk, dilakukan dengan menganalisis kurikulum, dan silabus, sehingga dapat diketahui kompetensi dasar yang memerlukan sebuah pengembangan komik, yaitu pembuatan busana secara industri, b) mengembangkan produk awal terdiri dari perencanaan, pra produksi, produksi, pasca produksi dan review produk, d) validasi ahli dan revisi, dengan meminta bantuan para ahli untuk menilai komik, dan melakukan revisi sesuai saran, e) uji coba kelompok kecil dan revisi, dengan mengujikan 5 siswa, e) uji coba kelompok besar dan produk akhir, komik diujikan kepada 25 siswa Busana Butik, dan menghasilkan produk berupa komik pembuatan busana secara industri. 2) kelayakan komik dilakukan dengan uji coba kelompok besar yang menyatakan produk “sangat layak” dengan persentase 52%. Berdasarkan hasil dari uji validasi siswa dapat disimpulkan bahwa komik pembuatan busana secara industri dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan, Komik, Pembuatan busana secara industri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 05 Apr 2016 01:15
Last Modified: 30 Jan 2019 07:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30619

Actions (login required)

View Item View Item