PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN PRESTASI BELAJAR KELOMPOK MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA SEBAGAI PERENCANA BANGUNAN SISWA KELAS XII TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 2 DEPOK

Alim, Mikail Sahirul (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN PRESTASI BELAJAR KELOMPOK MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA SEBAGAI PERENCANA BANGUNAN SISWA KELAS XII TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 2 DEPOK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Mikail 10505241018.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN PRESTASI BELAJAR KELOMPOK MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA SEBAGAI PERENCANA BANGUNAN SISWA KELAS XII TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 2 DEPOK Oleh: Mikail Sahirul Alim NIM. 10505241018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan prestasi belajar kelompok mata pelajaran kompetensi kejuruan terhadap kesiapan berwirausaha sebagai perencana bangunan siswa kelas XII Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto. Seluruh anggota populasi menjadi sampel, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data variabel prestasi belajar kelompok mata pelajaran kompetensi kejuruan menggunakan dokumentasi rapot. Variabel pembelajaran kewirausahaan dan kesiapan berwirausaha sebagai perencana bangunan menggunakan angket dengan skala Likert. Validasi isi dilaksanakan dengan Judgement Experts dan validasi konstruk dengan korelasi Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Chronbach. Uji persyaratan analisis normalitas, linieritas dan multikolinieritas dilakukan sebelum melakukan uji regresi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan: (1) rerata nilai pembelajaran kewirausahaan adalah 81,00 yang termasuk kategori tinggi; (2) rerata nilai prestasi belajar kelompok mata pelajaran kompetensi kejuruan adalah 85,14 yang termasuk kategori sangat baik; (3) rerata nilai kesiapan berwirausaha sebagai perencana bangunan adalah 82,39 yang termasuk kategori sangat tinggi. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan: (1) pembelajaran kewirausahaan berpengaruh terhadap kesiapan berwirausaha sebagai perencana bangunan sesuai dengan persamaan Y=27,516 + 0,677 ; (2) prestasi belajar kelompok mata pelajaran kompetensi kejuruan berpengaruh terhadap kesiapan berwirausaha sebagai perencana bangunan sesuai dengan persamaan Y = -30,834 + 1,33 . Hasil analisis regresi ganda menunjukkan pembelajaran kewirausahaan ( ) dan prestasi belajar kelompok mata pelajaran kompetensi kejuruan ( ) secara bersama berpengaruh terhadap kesiapan berwirausaha sebagai perencana bangunan (Y), sesuai persamaan regresi Y = -44,696+ 0,652 + 0,873 . Variabel dan berpengaruh positif dengan kuat hubungan yang tinggi terhadap Y, yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ganda ( ) = 0,707 dengan besar pengaruh koefiesien determinasi (R²) = 0,499 (44,9%). Kata kunci: pembelajaran kewirausahaan, kompetensi kejuruan, kesiapan berwirausaha

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Apr 2016 06:42
Last Modified: 30 Jan 2019 07:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30617

Actions (login required)

View Item View Item