Pengembangan Game Edukatif "Merakit Komputer Yuk!” Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Perangkat Keras dan Perakitan Komputer Untuk Peserta Didik SMK Kelas X di SMK Batik Perbaik Purworejo

Prasetyo, Adhi Lugas (2016) Pengembangan Game Edukatif "Merakit Komputer Yuk!” Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Perangkat Keras dan Perakitan Komputer Untuk Peserta Didik SMK Kelas X di SMK Batik Perbaik Purworejo. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Lugas adhi prasetyo.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Game Edukatif "Merakit Komputer Yuk!” Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Perangkat Keras dan Perakitan Komputer Untuk Peserta Didik SMK Kelas X di SMK Batik Perbaik Purworejo Oleh Lugas Adhi Prasetyo 10520244031 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengembangan game ―Merakit Komputer Yuk!‖, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran game ―Merakit Komputer Yuk!‖, dan (3) mengetahui efektifitas ―Merakit Komputer Yuk!‖ sebagai media pembelajaran pengenalan hardware dan perakitan komputer untuk peserta didik SMK Batik Perbaik Purworejo. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau dikenal dengan metode Research and Development. Model pengembangan mengacu metode Digital Game Based Learning-Instructional Design (DGBL-ID mengenai pengembangan suatu game edukasi. Tahapan dalam proses penelitian ini dimulai dari tahap analisis, desain, pengembangan, uji kualitas, implementasi dan evaluasi. Tahap pengujian kualitas dilakukan oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi. Tahap implementasi dan evaluasi dilakukan terhadap peserta didik SMK Batik Perbaik Purworejo kelas X TKJ dan X RPL dengan jumlah responden 49 orang. Data dari pengguna menggunakan pre-test, angket, dan post-test. Penelitian ini mendapatkan hasil : (1) Pengembangan game ―Merakit Komputer Yuk!‖ merupakan game pengenalan perangkat keras dan simulasi merakit komputer menggunakan Adobe Flash CS6 dengan menggunakan metode pengembangan DGBL-ID. (2) Penilaian ahli media untuk menilai kualitas game didapatkan hasil sangat layak untuk semua aspek. Sedangkan penilaian materi didapatkan hasil layak dengan jumlah skor 128 dan persentase kelayakan (80%). Pada tahap implementasi yang diberikan pada peserta didik mendapatkan hasil layak dengan jumlah skor 4198 dan persentase kelayakan 77,98%. (3) Hasil pre-test dan post-test membuktikan bahwa game ―Merakit Komputer Yuk!‖ efektif untuk menjadi media pembelajaran pengenalan perangkat keras dan perakitan komputer dengan persentase peningkatan nilai 63,87%. Kata kunci : Media pembelajaran, game edukasi, Research and Development, DGBL-ID, dan game testing discipline.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Apr 2016 04:51
Last Modified: 30 Jan 2019 07:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30613

Actions (login required)

View Item View Item