PENDEKATAN NUMERIK KEADAAN TERIKAT DAN FENOMENA KRITIS POTENSIAL YUKAWA PADA INTERAKSI DUA NUKLEON MENGGUNAKAN METODE BEDA HINGGA (FINITE DIFFERENCE METHOD)

Gunawan, Arif (2016) PENDEKATAN NUMERIK KEADAAN TERIKAT DAN FENOMENA KRITIS POTENSIAL YUKAWA PADA INTERAKSI DUA NUKLEON MENGGUNAKAN METODE BEDA HINGGA (FINITE DIFFERENCE METHOD). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAPFIX_BAB 1.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAPFIX_BAB 2.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAPFIX_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan nilai kritis ( ) dari berbagai bilangan kuantum momentum sudut pada interaksi dua nukleon dan mengetahui energi terikat pada keadaan kritis dengan pendekatan numerik. Dalam penelitian ini hanya mengkaji untuk interaksi dua nukleon dan dengan menggunakan persamaan Schrödinger yang mengandung bentuk potensial efektif (potensial Yukawa dan potensial sentrifugal). Metode numerik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode beda hingga (finite difference method) untuk menyelesaikan sistem hamiltonian persamaan Schrödinger dan metode bagi dua (bisection method) untuk mencari swanilai sebagai energi ikat nukleon. Hasil penelitian ini diperoleh beberapa nilai kritis dari jangkauan interaksi nukleon dan nilai energi terikat pada keadaan kritis. Hubungan nilai kritis dan λ pada berbagai bilangan kuantum momentum sudut adalah [ ], ini berarti nilai kritis menurun secara eksponensial pada momentum sudut yang semakin besar. Energi ikat terendah keadaan kritis semakin besar dengan semakin besar konstanta kopling ( ). Kata kunci: Nilai kritis, potensial Yukawa, bilangan kuantum momentum sudut

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 05 Apr 2016 07:06
Last Modified: 06 Mar 2019 00:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30612

Actions (login required)

View Item View Item