Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kompetensi Sulit Matematika SMA di Riau

Aisyah, Ummi (2013) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kompetensi Sulit Matematika SMA di Riau. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ummi-aisyiah-11709251049.swf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kompetensi sulit matematika SMA di Provinsi Riau yang berkualitas baik/layak yaitu valid, praktis, dan efektif. Materi yang dikembangkan adalah materi Trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengembangkan perangkat pembelajaran kompetensi sulit matematika SMA dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel & Semmel yang telah dimodifikasi sehingga hanya memuat tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Langkah-langkah pengembangan dalam penelitian ini meliputi tahap pendefinisian (analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas, dan perumusan indikaor), perancangan (prosedur pelaksanaan penelitian, pemilihan media, pemilihan format, dan perancangan awal), dan pengembangan (validasi ahli/praktisi, uji coba keterbacaan perangkat, uji coba instrumen, dan uji coba lapangan). Uji coba lapangan dilakukan pada dua kelas X di SMAN 1 Tualang. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan instrumen tes. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi total skor aktual yang diperoleh menjadi data kualitatif skala lima. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran kompetensi sulit matematika SMA yang meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan siswa (LKS), dan instrumen tes. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan memiliki kategori sangat valid untuk masing-masing silabus, RPP, LKS, dan instrumen tes. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan praktis dan efektif. Kepraktisan mencapai hasil sangat baik ditinjau dari penilaian guru dan siswa. Keefektifan ditinjau dari ketuntasan belajar siswa dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran. Secara klasikal ketuntasan belajar mencapai 84,38%. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, kompetensi sulit matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 04 Apr 2016 04:44
Last Modified: 04 Apr 2016 04:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30611

Actions (login required)

View Item View Item