PENINGKATAN SOFT SKILLS SISWA SMK MELALUI PEMBELAJARAAN COOPERATIVE LEARNING DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

V. AGUS BUDI , SAPUTRO (2011) PENINGKATAN SOFT SKILLS SISWA SMK MELALUI PEMBELAJARAAN COOPERATIVE LEARNING DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (Document)
INCREASING_SOFT_SKILLS_OF_VOCATIONAL_SCHOOL_STUDENTS_THROUGH_COORPERATIVE_LEARNING_IN_SMK_MUHAMMADIYAH_PRAMBANAN.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menjelaskan model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan soft skills dan untuk mengetahui keefektifan dari model pembelajaran cooperative learning dalam meningkatkan soft skills di SMK Muhammadiyah Prambanan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus menggunakan langkah-langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MD jurusan teknik pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan sebanyak 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan wawancara. Data tentang peningkatan soft skills siswa diperoleh melalui observasi kelas dan didukung dengan hasil angket untuk mengetahui respon siswa. Pada observasi kelas dianalisis untuk membandingkan peningkatan soft skills siswa pada setiap siklus, sedangkan angket dianalisis untuk mengetahui respon siswa terhadap peningkatan soft skills. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan soft skills siswa pada siklus I diperoleh skor 2,86 (kurang), pada siklus II dengan skor 3,43 (cukup), pada siklus III diperoleh skor 4,09 (tinggi) dan hasil angket 77 % (tinggi). Dilihat dari setiap aspeknya peningkatan soft skills antara lain: (1) Kejujuran pada siklus I 2,83 (kurang), siklus II 3,43 (cukup) dan siklus III 4,06 (tinggi); (2) Tanggung Jawab pada siklus I 2,87 (kurang), siklus II 3,38 (cukup) dan siklus III 4,05 (tinggi); (3) Etika pada siklus I 2,88 (kurang), siklus II 3,39 (cukup) dan siklus III 4,06 (tinggi); (4) Kerjasama pada siklus I 2,88 (kurang) siklus, II 3,38 (cukup) dan siklus III 4,05 (tinggi); (5) Komunikasi pada siklus I 2,85 (kurang) siklus, II 3,56 (cukup) dan siklus III 4,14(tinggi).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 03:36
Last Modified: 29 Jan 2019 15:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3061

Actions (login required)

View Item View Item