MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN, DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR OTOMOTIF KELAS X DI SMKN 1 SEDAYU BANTUL

Julianti, Ellen (2016) MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN, DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR OTOMOTIF KELAS X DI SMKN 1 SEDAYU BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ellen Juliati 1150.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN, DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR OTOMOTIF KELAS X DI SMKN 1 SEDAYU BANTUL Oleh : Ellen Julianti NIM 11504241030 ABSTRAK Penggunaan metode ceramah menyebabkan siswa menjadi kurang antusias dan merasa cepat bosan dengan pelajaran. Kurangnya perhatian siswa menyebabkan hasil belajar yang didapatkan rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran Teknik Dasar Otomotif di kelas X D SMKN 1 Sedayu Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Subjek penelitian adalah siswa kelas X D di SMKN 1 Sedayu Bantul tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah sebanyak 24 siswa. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yang memilih subjek berdasarkan keputusan subyektif peneliti. Sedangkan objek yang diamati adalah keaktifan siswa dan hasil belajar siswa. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan teknik statistik tendensi central. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkat pada setiap siklus, bahwa : (1) Model pembelajaran snowball throwing terbukti dapat meningkatkan keaktifan siswa sebesar 20%. (2) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X D pada mata pelajaran Teknik Dasar Otomotif. Hasil belajar siswa meningkat sebesar 43,5%. Kata kunci : snowball throwing, keaktifan siswa, dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Apr 2016 04:07
Last Modified: 30 Jan 2019 07:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30609

Actions (login required)

View Item View Item