IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI KE DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN NORMATIF KEJURUAN PADA SMK JURUSAN BANGUNAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Eka, Purwaningsih (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI KE DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN NORMATIF KEJURUAN PADA SMK JURUSAN BANGUNAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Eka Purwaningsih 0850.pdf

Download (860kB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI KE DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN NORMATIF KEJURUAN PADA SMK JURUSAN BANGUNAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Oleh : Eka Purwaningsih 08505244014 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang dikembangkan oleh guru SMK Jurusan Bangunan yang diintegrasikan ke dalam pembelajaran, (2) mengetahui strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru SMK Jurusan Bangunan dalam mengintegrasikan muatan nilai-nilai karakter ke dalam pembelajaran, (3) mengetahui strategi evaluasi yang dikembangkan ke dalam pembelajaran, dan (4) mengidentifikasi kendala-kendaladan tujuan dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter ke dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan melalui metode survey pada 8 (delapan) SMK Negeri Jurusan Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sumber data (responden) dalam penelitian ini adalah 16 guru yang masing-masing dari SMK diambil 2 (dua) responden jurusan bangunan. Pengumpulan data diperoleh melalui angket, dokumentasi, dan wawancara. Kemudian dilakukan triangulasi data untuk mendapatkan hasil yang objektif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan sudah direncanakan secara tertulis dalam dokumen silabus dan RPPdalam kegiatan pembelajaran berdasarkan kemendiknas meliputi 18 nilaikarakter, (2) strategipembelajaran yang diterapkanolehpendidik dalam mengintegrasikan ke-18 nilai-nilaikarakter tersebut ada 12 macam. Antara lain diskusi, ceramah, penugasan, presentasi, bermain peran, pembelajaran tematik, pembelajaran kooperatif, pembelajaran konstektual, memberikan keteladanan, pembiasaan, pembinaan, disiplin peserta didik, dan ditegakkannya aturan yang sudah disepakati secara konsisten. Untuk strategi bermain peran memiliki nilai yang masih paling sedikit dilakukan karena hanya sebesar 12.5%, dan strategi diskusi memiliki nilai yang paling banyak dilakukan karena sebesar 100%, (3) guru masih mengalami kesulitan dalam mengevaluasi hasil pendidikan karakter yang terintegrasi. Dari 100% hanya 25% yang melakukan evaluasi dalam bentuk tes perbuatan, observasi, evaluasi diri, dan penilaian antar teman, sedangkan 75% tidak melakukan evaluasi tersebut, (4)kendala-kendala terbesar yang dialami pendidik dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter adalah dari kebijakan sekolah yang kurang mendukung. Kendala tersebut adalah salah satu

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Apr 2016 04:00
Last Modified: 30 Jan 2019 07:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30607

Actions (login required)

View Item View Item