FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA BERPRESTASI RENDAH DI KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN NGEMPLAK

Pangestika, Novi Sanggra (2016) FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA BERPRESTASI RENDAH DI KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN NGEMPLAK. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Novi Sanggra Pangestika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dominan menyebabkan kesulitan belajar pada siswa berprestasi rendah di kelas 4 SD Negeri se-Kecamatan Ngemplak. Faktor penyebab kesulitan belajar dilihat dari faktor internal meliputi aspek fisiologi dan psikologi serta faktor eksternal meliputi aspek lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian survey explorative dengan pendekatan kuantitatif. Subjek peneltian ini adalah siswa berprestasi rendah di kelas 4 SD dengan sampel 89 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal aspek psikologi dan faktor eksternal aspek lingkungan masyarakat dominan menyebabkan kesulitan belajar. Sedangkan faktor internal aspek fisiologi, faktor eksternal aspek lingkungan sekolah, serta aspek lingkungan keluarga masuk kategori kurang menyebabkan kesulitan belajar. Faktor internal aspek fisiologi yang paling dominan adalah kondisi fisik siswa mudah lelah ketika belajar sebesar 63%. Faktor internal aspek psikologi yang paling dominan adalah siswa kurang termotivasi dalam belajar sehingga siswa tidak bersemangat ketika memperoleh soal yang sulit sebesar 83%. Faktor eksternal aspek lingkungan keluarga yang paling dominan adalah manajemen waktu belajar di rumah yang masih kurang sebesar 51%. Faktor eksternal aspek lingkungan sekolah yang paling dominan adalah hubungan interaksi siswa dengan guru dimana siswa masih merasat akut dan canggung untuk berbicara kepada guru sebesar 57%. Faktor eksternal aspek lingkungan masyarakat tersebut yang paling dominan adalah keberadaan teman bermain yang cenderung mengajak bermain terus menerus sehingga kegiatan yang mendukung proses belajar seperti belajar kelompok masaih jarang dilakukan yaitu sebesar 61%. Kata Kunci: faktor-faktor kesulitan belajar, siswa berprestasi rendah, SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Apr 2016 03:31
Last Modified: 30 Jan 2019 07:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30603

Actions (login required)

View Item View Item