PERBEDAAN ANIMO SISWA DAN SISWI KELAS XII SMA NEGERI SE-PURWOKERTO UNTUK MELANJUTKAN STUDI MENUJU PRODI PJKR UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA

Fajar Adi Nugroho (2016) PERBEDAAN ANIMO SISWA DAN SISWI KELAS XII SMA NEGERI SE-PURWOKERTO UNTUK MELANJUTKAN STUDI MENUJU PRODI PJKR UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Fajar Adi N 11601244097.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dibukanya program studi PJKR di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto pada tahun ajaran 2014/2015, adanya animo masyarakat yang besar di kota Purwokerto dalam berolahraga namun terlihat ada perbedaan yang cukup banyak antara jumlah laki-laki dan perempuan sebagai pelakunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan animo siswa dan siswi kelas XII SMAN se-Kota Purwokerto untuk melanjutkan studi menuju Prodi PJKR UNSOED berdasarkan tingkat pendidikan orang tua. Penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Uji coba instrumen dilakukan kepada 118 responden. Angket dinyatakan valid dan reliabel (r hitung = 0,960). Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas dengan jumlah populasi sebanyak 438 responden. Uji hipotesis menggunakan uji anova dan uji beda t-test. Tingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil uji anova menunjukkan terdapat perbedaan animo siswa dan siswi untuk melanjutkan studi menuju Prodi PJKR UNSOED berdasarkan tingkat pendidikan orang tua. Hasil uji beda t-tes dengan taraf signifikansi (two-tailed) menunjukkan: 1) antara siswa dasar dan siswi dasar 0,770 (tidak ada perbedaan), 2) antara siswa menengah dan siswi dasar 0,744 (tidak ada perbedaan), 3) antara siswa dasar dan siswi menengah 0,730 (tidak ada perbedaan), 4) antara siswa tinggi dan siswi dasar 0,702 (tidak ada perbedaan), 5) antara siswa menengah dan siswi menengah 0,521 (tidak ada perbedaan), 6) antara siswa dasar dan siswi tinggi 0,350 (tidak ada perbedaan), 7) antara siswa menengah dan siswi tinggi 0,068 (tidak ada perbedaan), 8) antara siswa tinggi dan siswi menengah 0,047 (terdapat perbedaan), 9) antara siswa tinggi dan siswi tinggi 0,000 (terdapat perbedaan).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Animo Siswa dan Siswi, SMAN se-Purwokerto, Prodi PJKR UNSOED
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 05 Apr 2016 07:06
Last Modified: 11 Mar 2019 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30598

Actions (login required)

View Item View Item