KINERJA GURU KELAS DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SD PILOTING KABUPATEN SLEMAN

Bintari, Henriska Ruli (2016) KINERJA GURU KELAS DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SD PILOTING KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Henriska Ruli Bintari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SD Piloting Kabupaten Sleman. Kinerja Guru dilihat dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Subjek peneltian ini guru kelas SD Piloting Kabupaten Sleman dengan sampel 114 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling untuk menentukan jumlah sampel. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 sebesar 72,1% pada kategori sangat baik dan sebesar 27,9% pada kategori baik; (2) kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 63,4% dan pada kategori baik sebesar 36,6%; (3) kinerja guru dalam penilaian pembelajaran kurikulum 2013 sebesar 49% berada pada kategori sangat baik, sebesar 50% berada pada kategori baik dan sebesar 1% berada pada kategori cukup. Sehingga disimpulkan bahwa kinerja guru kelas di SD Piloting Kurikulum 2013 Kabupaten Sleman berada pada kategori sangat baik Kata Kunci: kinerja guru, pelaksanaan kurikulum 2013, SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Apr 2016 03:08
Last Modified: 30 Jan 2019 07:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30597

Actions (login required)

View Item View Item