PENINGKATAN KOMPETENSI GAMBAR PERANCANGAN INSTALASI PENERANGAN JALAN UMUM DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN AUTOCAD DI SMK N 1 SEDAYU

Ardiyanto, Ardiyanto (2016) PENINGKATAN KOMPETENSI GAMBAR PERANCANGAN INSTALASI PENERANGAN JALAN UMUM DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN AUTOCAD DI SMK N 1 SEDAYU. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Ardiyanto 1150ccccccc.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KOMPETENSI GAMBAR PERANCANGAN INSTALASI PENERANGAN JALAN UMUM DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN AUTOCAD DI SMK N 1 SEDAYU Oleh: Ardiyanto NIM. 11501244001 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kompetensi gambar perancangan instalasi penerangan jalan umum ranah kognitif menggunakan model project based learning berbantuan AutoCAD dan model pembelajaran konvensional pada pada mata pelajaran instalasi penerangan kelas XI di SMK N 1 Sedayu; (2) Mengetahui perbedaan kompetensi gambar perancangan instalasi penerangan jalan umum ranah psikomotor antara model project based learning berbantuan AutoCAD dengan model pembelajaran konvensional pada pada mata pelajaran instalasi penerangan kelas XI di SMK N 1 Sedayu; (3) Mengetahui perbedaan kompetensi gambar perancangan instalasi penerangan jalan umum ranah afektif antara model project based learning berbantuan AutoCAD dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran instalasi penerangan kelas XI di SMK N 1 Sedayu. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Sedayu. Jumlah populasi sebanyak 62 siswa. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 62 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji-t, dan N-gain Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat peningkatan kompetensi gambar perancangan instalasi penerangan jalan umum ranah kognitif menggunakan model project based learning berbantuan AutoCAD dan model pembelajaran konvensional (thitung sebesar 5,903>ttabel sebesar 1,999; sig sebesar 0,000), rata-rata kognitif kelas eksperimen sebesar 79,62 sedangkan kelas kontrol sebesar 70,51; (2) terdapat perbedaan kompetensi gambar perancangan instalasi penerangan jalan umum ranah psikomotor antara model project based learning berbantuan AutoCAD dengan model pembelajaran konvensional (thitung sebesar 5,223>ttabel sebesar 1,999; sig sebesar 0,000), rata-rata psikomotor kelas eksperimen sebesar 85,28 sedangkan kelas kontrol sebesar 74,41; (3) tidak terdapat perbedaan kompetensi gambar perancangan instalasi penerangan jalan umum ranah afektif antara model project based learning berbantuan AutoCAD dengan model pembelajaran konvensional (thitung sebesar 0,181<ttabel sebesar 1,999; sig sebesar 0,857), rata-rata afektif kelas eksperimen sebesar 79,46 sedangkan kelas kontrol sebesar 79,96. Kata Kunci: Kompetensi, Project Based Learning, dan gambar perancangan instalasi penerangan jalan umum

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Apr 2016 02:58
Last Modified: 30 Jan 2019 07:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30596

Actions (login required)

View Item View Item