PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SANITASI, HYGIENE DAN KESELAMATAN KERJA DI SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN NEGERI 3 WONOSARI

Utami, Anisa (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SANITASI, HYGIENE DAN KESELAMATAN KERJA DI SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN NEGERI 3 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
anisa utami.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Modul Pembelajaran Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Wonosari ABSTRAK Oleh: ANISA UTAMI 13511245002 Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Prosedur pembuatan media pembelajaran Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja bagi siswa kelas X SMK Negeri 3 Wonosari., (2) Kelayakan modul pembelajaran Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja sebagai sumber belajar bagi siswa kelas X SMKN 3 Wonosari. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model tahapan 4D yang meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Waktu penelitian dilakukan dari Desember 2014 - Mei 2015. Tempat penelitian dilaksanakan di SMKN 3 Wonosari. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket tertutup dan observasi. Instrumen yang digunakan yaitu angket evaluasi ahli materi, angket evaluasi ahli media dan angket respon siswa. Penyusunan angket dengan cara validitas konstruk. Validitas instrumen menggunakan teknik korelasi product moment dan reliabilitas instrumen menggunakan teknik alfa cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain: (1) prosedur pengembangan modul dilakukan dengan 4 tahapan Define yaitu analisis kebutuhan modul, Design yaitu merancang dan menyusun modul, Develop yaitu melakukan validasi ahli, revisi, uji coba instrumen serta uji kelayakan modul dan Disseminate yaitu tahap penyebarluasan, pada penelitian ini modul yang dihasilkan digunakan secara terbatas di SMKN 3 Wonosari dan belum disebarkan secara meluas, (2) Penilaian dari dua ahli materi pada aspek keseluruhan diperoleh skor rata-rata 4,26 dengan kriteriai “Sangat Baik”. Penilaian ahli media diperoleht skor rata-rata 4,04 dengan kriteria “Baik”. Uji coba instrumen pada siswa diperoleh r hitung > 0,349 sehingga semua butir valid dan tidak ada yang gugur. Reliabilitas dalam penelitian ini menunjukkan hasil 0.907 sehingga instrumen tersebut mempunyai tingkat keterandalan yang sangat tinggi dan memenuhi syarat sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian. Uji kelayakan pada siswa diperoleh skor rata-rata 4,46 dengan kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja yang dikembangkan sudah baik sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa kelas X SMKN 3 Wonosari. Kata kunci: pengembangan, modul pembelajaran sanitasi, hygiene dan keselamatan kerja

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Apr 2016 02:50
Last Modified: 30 Jan 2019 07:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30594

Actions (login required)

View Item View Item