PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI DISKUSI TIPE SYNDICATE GROUP SISWA KELAS V SD NEGERI KREMBANGAN PANJATAN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2015/2016

Kurniawati, Asih (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI DISKUSI TIPE SYNDICATE GROUP SISWA KELAS V SD NEGERI KREMBANGAN PANJATAN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Asih Kurniawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses pembelajaran keterampilan berbicara melalui diskusi tipe syndicate group siswa kelas V SD Negeri Krembangan Panjatan Kulon Progo Tahun Ajaran 2015/ 2016 dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara melalui diskusi tipe syndicate group siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 17 siswa dan objeknya adalah keterampilan berbicara siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada proses pembelajaran berbicara menggunakan metode diskusi tipe syndicate group dengan langkah-langkah pelaksanaan yaitu: guru mengemukakan masalah, guru membagi siswa dalam kelompok syndicate group, siswa melakukan diskusi kelompok, setiap kelompok melaporkan hasil diskusi, dan guru membimbing siswa untuk menyimpulkan hasil diskusi. Peningkatan tersebut terlihat dari siswa dapat bekerja sama melakukan diskusi, bertanggung jawab memberikan gagasan, dan berpartisipasi dalam menyimpulkan hasil diskusi. Pada siklus I siswa kurang bekerjasama dengan teman sekelompok dalam berdiskusi, maka dilanjutkan pada siklus II. Peningkatan keterampilan berbicara siswa rata-rata meningkat dari kondisi awal rata-rata 59.70% dengan kategori kurang. Pada pada siklus I nilai ratarata yang diperoleh yaitu 61.46% termasuk kategori cukup. Sedangkan, pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 71,54% termasuk kategori baik. Kata kunci: keterampilan berbicara, metode diskusi tipe syndicate group, siswa SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Apr 2016 02:45
Last Modified: 30 Jan 2019 07:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30592

Actions (login required)

View Item View Item