Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri SMP yang Menunjang Pendidikan Karakter

Sanjaya, Tantri Mega (2013) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri SMP yang Menunjang Pendidikan Karakter. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tantri-mega-sanjaya-11709251007.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang menunjang pendidikan karakter, meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan siswa (LKS), kuis dan tes hasil belajar (THB) pada pelajaran matematika SMP yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terdiri dari lima tahap, yaitu: (1) analisis kebutuhan dan perumusan tujuan; (2) desain/pengembangan produk; (3) uji coba produk; (4) revisi produk; (5) kajian produk akhir. Subjek uji coba penelitian yaitu 31 siswa, dua guru SMP Negeri 1 Pundong dan seorang guru SMP Negeri 2 Pundong, Bantul. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, angket penilaian guru, angket tanggapan siswa, angket karakter siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi karakter siswa, kuis, dan THB. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMP yang menunjang pendidikan karakter, meliputi silabus, RPP dan LKS, kuis dan THB. Produk yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kevalidan produk terlihat dari hasil validasi ahli yang menyatakan bahwa produk mencapai kriteria valid. Kepraktisan produk terlihat dari hasil pengisian angket penilaian guru yang menunjukkan bahwa produk telah memenuhi kriteria sangat baik; hasil pengisian angket tanggapan siswa menunjukkan bahwa produk mencapai kriteria baik dan sangat baik; dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa persentase minimal keterlaksanaan pembelajaran sebesar 78%. Keefektifan produk terlihat dari perolehan hasil kuis siswa yang menunjukkan bahwa minimal 87,10% dari siswa telah memenuhi nilai KKM; hasil tes belajar siswa menunjukkan sebanyak 86,67% siswa telah mencapai nilai KKM dengan rata-rata nilai 77,62; hasil pengisian angket karakter menunjukkan kriteria baik dan sangat baik; dan hasil observasi karakter siswa menunjukkan bahwa capaian karakter siswa mengalami peningkatan dan telah mencapai 81,25%.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2016 02:06
Last Modified: 29 Jan 2019 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30591

Actions (login required)

View Item View Item