Pengaruh Motivasi, Self-Efficacy, dan Latar Belakang Pendidikan Mahasiswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Mahasiswa PGSD STKIP Hamzanwadi Selong dan PGMI IAI Hamzanwadi Pancor

Hamdi, Syukrul (2013) Pengaruh Motivasi, Self-Efficacy, dan Latar Belakang Pendidikan Mahasiswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Mahasiswa PGSD STKIP Hamzanwadi Selong dan PGMI IAI Hamzanwadi Pancor. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-syukrul-hamdi-11709251029.swf

Download (24MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi, self-efficacy, dan latar belakang pendidikan mahasiswa terhadap prestasi belajar matematika mahasiswa PGSD dan PGMI. 2) perbedaan pengaruh motivasi, self-efficacy, dan latar belakang pendidikan mahasiswa terhadap prestasi belajar matematika mahasiswa PGSD dan PGMI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey ini mengandung tiga variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas adalah motivasi, self-efficacy, dan latar belakang pendidikan mahasiswa, sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 5 PGSD STKIP Hamzanwadi berjumlah 250 orang dan PGMI IAI Hamzanwadi yang berjumlah 62 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 208 orang mahasiswa (152 orang mahasiswa PGSD dan 56 orang mahasiswa PGMI). Data dikumpulkan dengan menggunakan angket motivasi, angket self-efficacy, dan tes prestasi belajar matematika. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis regresi ganda. Untuk uji kesamaan digunakan two-sample t test dummy variables in regression. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Rata-rata prestasi belajar matematika mahasiswa PGSD 57,95 (cukup) dan PGMI 50,93 (rendah); rata-rata motivasi mahasiswa PGSD 110 (tinggi) dan PGMI 99,57 (sedang); rata-rata self-efficacy mahasiswa PGSD 86,61 (tinggi) dan PGMI 81,55 (tinggi). (2) Motivasi, self-efficacy dan latar belakang pendidikan mahasiswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika mereka. Berdasarkan hasil uji parsial dengan uji-t, motivasi dan self-efficacy masing-masing berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika mahasiswa, sedangkan latar belakang pendidikan mahasiswa tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika mereka. (3) Hasil uji kesamaan menggunakan two-sample t test dummy variables in regression menunjukkan ada perbedaan pengaruh motivasi dan self-efficacy terhadap prestasi belajar matematika mahasiswa PGSD dan mahasiswa PGMI.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi, self-efficacy, latar belakang pendidikan mahasiswa prestasi belajar matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2016 01:51
Last Modified: 29 Jan 2019 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30590

Actions (login required)

View Item View Item