PENDIDIKAN KARAKTER DI TK AL I’DAD AN-NUUR CAHAYA UMAT SLEMAN YOGYAKARTA

Agatha Yerika, Septininidtya (2016) PENDIDIKAN KARAKTER DI TK AL I’DAD AN-NUUR CAHAYA UMAT SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Agatha Yerika Septininditya_12111241036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam pelaksanaan pendidikan karakter di TK AL I’DAD An-Nuur Cahaya Umat. Pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai karakter pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah ketua Program PAUD An-Nuur, kepala sekolah, guru, orang tua dan anak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Alasan TK ini menjadikan pendidikan karakter sebagai salah satu program unggulan adalah karakter merupakan sesuatu yang sifatnya mendasar, sehingga harus ditanamkan sejak dini, dan TK ini ingin menjadikan pendidikan karakter sebagai icon dari sekolah; 2) Nilai-nilai karakter yang ditanamkan di TK ini yaitu: (a) cinta Tuhan dan segenap Ciptaan-Nya, (b) kemandirian dan tanggung jawab, (c) kejujuran/amanah dan diplomatis, (d) hormat dan santun, (e) dermawan, suka menolong, dan gotong royong, (f) percaya diri, kreatif, dan kerja keras, (g) kepemimpinan dan keadilan, (h) baik dan rendah hati, (i) toleransi, kedamaian dan kesatuan, serta K4 yaitu kebersihan, kerapian, keamanan dan kesehatan; 3) Proses penanaman nilai-nilai karakter di TK ini diselenggarakan melalui program-program sekolah dan melekat pada setiap kegiatan; 4) Pihak-pihak yang berperan dalam pelaksanaan pendidikan karakter ini yaitu ketua Program PAUD An-Nuur, kepala sekolah, guru, orang tua dan anak; 5) Faktor pendukung dari pelaksanaan program pendidikan karakter di TK ini meliputi: pendidik yang memiliki kompetensi dan pengalaman, sikap orang tua yang terbuka, anak yang bersemangat dan memiliki motivasi, kepemilikan media pembelajaran, dan pelibatan orang tua dalam program parenting; dan 6) Faktor penghambat dari pelaksanaan program pendidikan karakter di TK ini meliputi: lingkungan masyarakat yang belum menerapkan nilai-nilai karakter, lingkungan keluarga yang belum konsisten dalam menanamkan nilai-nilai karakter baik kepada anak, dan tayangan televisi yang kurang sesuai bagi anak usia dini. Kata kunci: pendidikan, karakter, anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 01 Apr 2016 03:46
Last Modified: 30 Jan 2019 07:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30576

Actions (login required)

View Item View Item