Bias Gender dalam Struktur Organisasi KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) Komisariat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Lestari, Fitria Endah (2016) Bias Gender dalam Struktur Organisasi KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) Komisariat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
2. Skripsi Full 09413244050.swf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
1. Skripsi Full 09413244050.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui bias gender dalam struktur organisasi KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) komisariat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; (2) untuk mengetahui faktor penyebab bias gender dalam struktur organisasi KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) komisariat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; (3) untuk mengetahui apa saja dampak bias gender dalam organisasi KAMMI Komisariat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terhadap para anggotanya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil informan sebanyak 8 orang dalam melakukan penelitian yaitu 2 orang anggota laki-laki dan 6 orang anggota perempuan dari pengurus harian KAMMI komisariat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitafif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Validitas data yaitu triangulasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif model interaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, KAMMI belum menganut prinsip kesetaraan gender dalam kepengurusannya dan yang terjadi sebenarnya adalah bias gender dalam struktur organisasi KAMMI komisariat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Perempuan masih seringkali menempati jabatan-jabatan pada sektor domestik dan tidak memiliki kesempatan untuk menduduki jabatan sebagai ketua. Faktor penyebab bias gender antara lain: a) penafsiran agama, b) konsep pembagian kerja, c) pengaruh budaya patriarkhi. Dampak bias gender dalam KAMMI antara lain akses perempuan dalam organisasi menjadi terbatas. . Kata kunci: bias gender, faktor penyebab, dampak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 31 Mar 2016 00:54
Last Modified: 30 Jan 2019 07:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30572

Actions (login required)

View Item View Item