Implementasi Kebijakan Nasional Pendidikan Nonformal di Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat

Iha, Saekos (2013) Implementasi Kebijakan Nasional Pendidikan Nonformal di Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sakeos-iha-09704251015.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan(1) untuk mendalami konteks regulasi dalam rangka implementasi kebijakan nasional pendidikan nonformal oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat, (2) untuk mengetahui model implementasi kebijakan yang diambil oleh pemerintah daerah kabupaten Fakfak sebagai bentuk implementasi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional yang didukung dengan sejumlah peraturan daerah tentang pendidikan nonformal, (3) memperoleh gambaran tentang tugas pokok Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dalam implementasi kebijakan nasional pendidikan nonformal dan sinergitas lintas sektoral dalam mendukung Education For All (EFA) di Kabupaten Fakfak. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, proses penelitian dilakukan secara grounded yaitu: penelitian dengan proses pencarian data sebanyak-banyaknya tanpa berbekal hipotesis, dengan tujuan mendeskripsikan peristiwa dan memformulasikan penjelasan perihal munculnya peristiwa itu atas dasar observasi. Dengan demikian dalam memahami secara mendalam konteks regulasi dan model implementasi kebijakan nasional pendidikan nonformal yang dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Fakfak tersebut didasarkan pada sejumlah peraturan tentang pendidikan nonformal dan Tugas pokok dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga sebagai Implementor di Kabupaten Fakfak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive dan Snowball sampling untuk teknik pengumpulan dan analisis data dengan menggunakan triangulasi (gabungan), dan analisis data bersifat induktif/kualitatif. Simpulan penelitian ini adalah: (1) setelah mendalami konteks regulasi yang disediakan pemerintah daerah dalam rangka implementasi kebijakan Nasional pendidikan nonformal, ditemukan adanya kebijakan implementer yang nampak dari beberapa keputusan dan peraturan bupati yang tersedia, (2) model implementasi kebijakan nasional pendidikan nonformal dalam sistem pembangunan daerah tetap mengacu pada petunjuk teknis pelaksanaan yang dikeluarkan pemerintah daerah lewat pengorganisasian birokrasi, kebijakan nasional pendidikan nonformal dilaksanakan dalam bentuk langsung program didukung peraturan implementer dan tidak didukung peraturan penjelasannya, (3) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga sebagai implementing agency, belum sepenuhnya mengefektifkan program nasional pendidikan nonformal serta adanya arogansi sektoral sehingga Education For All (EFA) belum maksimal terlaksana di Kabupaten Fakfak. Strategi pendanaan, sarana-prasarana, sumber daya manusia dan sistem birokrasi kurang maksimal, diperlukan kerja sama lintas sektoral/stakeholders pendidikan nonformal di daerah Kabupaten Fakfak.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: implementasi dan kebijakan nasional pendidikan nonformal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2016 08:41
Last Modified: 29 Jan 2019 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30567

Actions (login required)

View Item View Item