PERKEMBANGAN BENTUK PENYAJIAN KESENIAN JATHILAN JAMRUT IJO DUSUN GAROTAN, DESA BENDUNG, KECAMATAN SEMIN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Giyarman, Giyarman (2016) PERKEMBANGAN BENTUK PENYAJIAN KESENIAN JATHILAN JAMRUT IJO DUSUN GAROTAN, DESA BENDUNG, KECAMATAN SEMIN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI..pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan bentuk penyajian kesenian jathilan Jamrut Ijo di Dusun Garotan, Desa Bendung, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul dan sejarah kehadiran kesenian jathilan Jamrut Ijo . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah grup kesenian jathilan Jamrut Ijo yang terdiri dari penari, pemusik, dan tokoh masyarakat Dusun Garotan. Penelitian dilaksanakan di Dusun Garotan, Desa Bendung, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul. Penelitian difokuskan pada permasalahan perkembangan bentuk penyajian kesenian jathilan Jamrut Ijo. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data analisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perkembangan kesenian jathilan Dusun Garotan dilatarbelakangi oleh adanya tuntutan dari pemerintah yang menunjuk Garotan sebagai salah satu desa wisata yang memiliki potensialan dan kebudayaan. Dengan adanya tuntutan tersebut munculah gagasan dari warga Dusun Garotan untuk mengembangkan kesenian jathilan yang sudah ada kedalam bentuk kesenian jathilan kreasi agar dapat dinikmati oleh wisatawan dan tidak kalah saing dengan kesenian di daerah lain. 2) Bentuk penyajian kesenian jathilan Dusun Garotan sebelum mengalami perkembangan sangat sederhana baik dari sisi gerak, iringan, tata rias dan busana maupun pola lantainya. Setelah mengalami perkembangan kedalam bentuk penyajian seni jathilan kreasi terdapat variasi gaya gerak, iringan, tata rias dan busana, serta variasi pola lantai yang disajikan. Setelah di renovasi adanya perkembangan penyajian kesenian jathilan Jamrut Ijo tidak lagi memunculkan adegan trance.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan, Bentuk Penyajian, Jathilan
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 30 Mar 2016 07:38
Last Modified: 30 Jan 2019 07:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30562

Actions (login required)

View Item View Item