PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK3 SMK NEGERI 4 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Fahma, Naomi (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK3 SMK NEGERI 4 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian tindakan kelas ini adalah untuk (1) Mengetahui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Akuntansi kelas XI AK3 SMK Negeri 4 Klaten, (2) Memaparkan bagaimana cara pelaksanaan model pembelajaran PBL dalam meningkatkan hasil belajar Akuntansi kelas XI AK3 SMK Negeri 4 Klaten. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas XI AK3 SMK Negeri 4 Klaten. Tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Analasis data ini untuk membandingkan antara kondisi awal sebelum dilakukannya tindakan dengan hasil yang diperoleh pada siklus I dan siklus II sehingga dapat diperoleh perbedaan sebelum dan sesudah dilakukannya tindakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Akuntansi, yang ditandai dengan: (a) Siswa kelas XI AK3 sebanyak 34 anak mengalami peningkatan hasil belajar yaitu sebelum tindakan hanya 58,82% siswa belajar tuntas setelah tindakan menjadi 100%. (b) Siswa mampu menyelesaikan masalah atau soal-soal yang diberikan dengan cara berdiskusi. (2) Cara meningkatkan hasil belajar Akuntansi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui berdiskusi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 30 Mar 2016 04:55
Last Modified: 30 Jan 2019 07:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30561

Actions (login required)

View Item View Item