PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA KOMPETENSI PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK DI SMK NEGERI 2 DEPOK

MUNAWIR, HARIS (2016) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA KOMPETENSI PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK DI SMK NEGERI 2 DEPOK. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Munawir Haris 11501249002 Belum.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA KOMPETENSI PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK DI SMK NEGERI 2 DEPOK Oleh: MUNAWIR HARIS NIM. 11501249002 Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan keaktifan siswa setelah menggunakan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran PDE di SMK Negeri 2 Depok; dan (2) mengetahui peningkatan kompetensi siswa dengan menggunakan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran PDE di SMK Negeri 2 Depok; dan Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain Kemmis and Taggart dengan prosedurnya antara lain: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TOI SMK Negeri 2 Depok, objek penelitian ini adalah peningkatan kekatifan belajar siswa melalui model pembelajaran project based learning. Responden penelitian ini adalah jurusan Teknik Otomasi Industri yang berjumlah 32 siswa. Teknik dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Penelitian ini menggunakan dua siklus setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Dan posttest diberikan pada setiap akhir siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan keaktifan siswa sebesar 62,50%. 2) model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kompetensi siswa pada mata pelajaran PDE, persentase peningkatan siswa yang lulus dalam aspek afektif pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 46,88% dan 34,37%. Persentase peningkatan siswa yang lulus dalam aspek kognitif pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 21,90% dan 53,20%. Persentase peningkatan siswa yang lulus dalam aspek psikomotor pada siklus II adalah 46,96%. Berdasarkan pencapaian kompetensi tersebut maka model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kompetensi siswa. Kata kunci: project based learning, kompetensi PDE, penelitian tindakan kelas, keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 30 Mar 2016 03:20
Last Modified: 30 Jan 2019 07:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30550

Actions (login required)

View Item View Item