PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTIK SECARA TERINTEGRASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DASAR – DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

MUHTADIN, MUHTADIN (2016) PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTIK SECARA TERINTEGRASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DASAR – DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
MUHTADIN - 06504244032.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTIK SECARA TERINTEGRASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DASAR – DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Disusun Oleh: MUHTADIN NIM. 06504244032 Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang telah melaksanakan praktik dasar-dasar otomotif secara terintegrasi pada kelas X TKR I di SMK PIRI Yogyakarta; (2) untuk mengetahui perbedaan antara prestasi siswa yang melaksanakan praktik dasar-dasar otomotif secara terintegrasi dengan prestasi belajar dasar-dasar otomotif siswa yang melaksanakan praktik dasar-dasar otomotif secara blok kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK PIRI I Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis quasi eksperiment dan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI I Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 165 siswa yang terbagi dalam 6 kelas, setiap kelas terdiri dari 24-29 siswa. Dari populasi itu diambil sampel sebanyak 58 siswa yang terbagi dalam 2 kelas dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan test. Validasi instrument penelitian ini melalui pendapat para ahli (experts judgement) dan uji coba soal. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik diskriptif dan uji-t model Separated varian satu pihak. Untuk tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Pengujian tersebut menggunakan bantuan komputer program SPSS 17.0. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Prestasi belajar siswa yang telah melaksanakan praktik dasar-dasar otomotif secara terintegrasi pada kelas X TKR I di SMK PIRI Yogyakarta rata-rata 72,828 dan berada pada rentang tinggi; (2) Prestasi belajar siswa pada kelas yang melaksanakan praktik secara terintegrasi (kelas eksperimen) lebih tinggi daripada prestasi siswa pada kelas yang tidak melaksanakan praktik secara terintegrasi (kelas kontrol). Hal tersebut dibuktikan dengan hasil t hitung > t tabel yaitu 5,149 > 2,003. Prestasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi 4,95 % dibandingkan dengan kelas kontrol. Kata kunci: Praktik secara terintegrasi dan prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 30 Mar 2016 03:09
Last Modified: 30 Jan 2019 07:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30548

Actions (login required)

View Item View Item