Kompetensi Guru IPS dalam Pembelajaran Berbasis Pedidikan Karakter di SMP Muhammadiyah Kota Ternate

Kader, Suardi (2013) Kompetensi Guru IPS dalam Pembelajaran Berbasis Pedidikan Karakter di SMP Muhammadiyah Kota Ternate. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suardi-kader-10705251028.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kompetensi guru IPS dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan karakter secara terintegrasi dalam pembelajaran IPS (2) mendeskripsikan kompetensi guru IPS dalam menerapkan berbagai metode pembelajaran untuk pendidikan karakter, (3) mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengintegrasikan pendidikan karakter pada pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas: semua guru, kepala sekolah, dan siswa sebagai responden. Objek penelitian ini adalah kompetensi guru dalam menerapkan berbagai metode untuk pendidikan karakter pada pembelajaran IPS yang terintegrasi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif model induktif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Kompetensi guru IPS dalam melaksanakan pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 1 dan 2 Kota Ternate belum memuaskan. Terbukti dalam pembelajaran belum banyak mengintegrasikan nilai nilai karakter yang diharapkan. (2) Metode pembelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 1 dan SMP Muhammadiyah 2 Kota Ternate masih cenderung bersifat konvensional, yaitu ceramah. (3) Kendala-kendala yang ditemukan dalam pembelajaran pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 1 dan SMP Muhammadiyah 2 Kota Ternate yaitu berasal dari guru, sarana, dan prasarana yang belum memadai, lemahnya kesadaran peserta didik, dana dan pembiayaan yang masih kurang, program pembelajaran, pembinaan karakter karena masih kurangnya pemahaman dari pembina atau guru, serta buku-buku penunjang yang digunakan untuk kepentingan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru IPS, pembelajaran, pendidikan karakter
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 29 Mar 2016 07:37
Last Modified: 29 Mar 2016 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30535

Actions (login required)

View Item View Item