Pengaruh Penggunaan Strategi Peta Konsep dan Minat Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik di SMPN 1 Unter Iwes Sumbawa

Sahra, Sahra (2013) Pengaruh Penggunaan Strategi Peta Konsep dan Minat Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik di SMPN 1 Unter Iwes Sumbawa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sahra-11705251016.swf

Download (55MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi peta konsep dan minat terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.1 SMPN 1 Unter Iwes sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII.1 SMPN 2 Sumbawa sebagai kelompok control. Penentuan subjek dilakukan dengan teknik purposive random sampling. Data diperoleh dengan: (1) tes, untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap konsep IPS, dan (2) angket dengan skala likert, untuk menggolongkan peserta didik dengan minat IPS dan non IPS. Instrumen yang telah dibuat terlebih dahulu mendapatkan expert judgment, instrumen diujicobakan pada siswa kelas VIII-4 dan VIII-6 SMP Negeri 1 Unter Iwes Sumbawa dengan hasil 46 butir angket yang valid dari 75 butir, dan untuk soal tes hasil belajar, terdapat 30 butir yang valid dari 40 butir soal. Data dianalisis menggunakan analisis variansi dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi pembelajaran peta konsep lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS dari pada strategi ceramah (dengan rataan 76,47 > 68,69; Fo= 8,84; 0,05); (2) hasil belajar peserta didik dengan minat IPS lebih tinggi dibandingkan hasil belajar peserta didik minat non IPS (dengan rataan 73,59 > 72,10; Fo = 7,09; 0,05); dan (3) terdapat interaksi pengaruh antara strategi pembelajaran dan minat terhadap hasil belajar dengan (Fo = 12,98; pada 0,05). Dengan demikian strategi peta konsep lebih berpengaruh daripada strategi ceramah untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Oleh karena itu peta konsep dapat digunakan sebagai pembelajaran IPS untuk mencapai hasil belajar IPS, terutama pada siswa yang minat IPS.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: peta konsep, minat, hasil belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2016 07:10
Last Modified: 29 Jan 2019 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30534

Actions (login required)

View Item View Item