Keefektifan Pembelajaran IPS dengan Strategi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian dan Kepedulian Siswa

Rosardi, Raras Gistha (2013) Keefektifan Pembelajaran IPS dengan Strategi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian dan Kepedulian Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-raras-gistha-rosardi-11705251013.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan yang siginifikan pada hasil belajar kognitif, kemandirian dan kepedulian antara siswa yang mengikuti pembelajaran IPS dengan strategi Pemecahan Masalah dan strategi pembelajaran Konvensional dan menguji keefektifan strategi Pemecahan Masalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif, kemandirian dan kepedulian siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII, VIII dan IX SMP Muhammadiyah 2 Depok, Sleman DIY. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes untuk mengetahui hasil belajar kognitif dan non tes berupa angket dengan skala Likert untuk mengetahu nilai karakter kamandirian dan kepedulian siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) pada α = 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) Strategi pembelajaran Pemecahan Masalah dan strategi pembelajaran Konvensional menunjukkan perbedaan hasil belajar kognitif, kemandirian dan kepedulian secara bersama-sama (F= 21,469; ρ= 0,000<0,05). Jadi strategi pembelajaran Pemecahan Masalah efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif, nilai kemandirian dan kepedulian. 2) Strategi pembelajaran Pemecahan Masalah dan strategi pembelajaran Konvensional menunjukkan perbedaan terhadap hasil belajar kognitif (F= 5,602; ρ= 0,029<0,05). Jadi strategi pembelajaran Pemecahan Masalah efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif. 3) Strategi pembelajaran Pemecahan Masalah dan strategi pembelajaran Konvensional menunjukkan perbedaan terhadap nilai kemandirian (F= 38,502; ρ= 0,000<0,05). Jadi strategi pembelajaran Pemecahan Masalah efektif digunakan untuk meningkatkan nilai kemandirian. 4) Strategi pembelajaran Pemecahan Masalah dan strategi pembelajaran Konvensional menunjukkan perbedaan terhadap nilai kepedulian (F= 12,666; ρ= 0,001<0,05). Jadi strategi pembelajaran Pemecahan Masalah efektif digunakan untuk meningkatkan nilai kepedulian.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran pemecahan masalah, hasil belajar koginitif, kemandirian, kepedulian
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 29 Mar 2016 06:48
Last Modified: 29 Mar 2016 06:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30533

Actions (login required)

View Item View Item