Pengaruh Teknik Pre-Reading Plan dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa di SMP Muhammadiyah 2 Prambanan

Nurwulandari, Lutfinita (2013) Pengaruh Teknik Pre-Reading Plan dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa di SMP Muhammadiyah 2 Prambanan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lutfinita-nurwulandari-11705251014.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pre-reading plan dan minat belajar IPS terhadap kepedulian sosial siswa di SMP Muhammadiyah 2 Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2013 di SMP Muhammadiyah 2 Prambanan, sebagai kelas eksperimen, dan SMP Muhammadiyah 17 Prambanan Klaten sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian adalah kelas VIII yang ditentukan dengan teknik random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah faktorial 2x2. Data dikumpulkan menggunakan angket untuk menjaring data kepedulian sosial dan minat belajar IPS. Data dianalisis dengan menggunakan Anava faktorial 2x2 pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Kepedulian sosial siswa yang belajar menggunakan teknik pre-reading plan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan teknik konvensional (F test=7.850E3; α = 0,001). 2) Siswa yang belajar dengan pre-reading plan dengan minat belajar IPS tinggi , memiliki kepedulian sosial lebih tinggi daripada siswa dengan minat belajar IPS rendah (1.2900E2 > 1.2080E2). 3) Pada siswa dengan minat belajar tinggi yang belajar dengan pre-reading plan memiliki kepedulian sosial lebih tinggi daripada siswa dengan teknik konvensional (1.2900E2 > 1.2388E2). 4) Pada siswa dengan minat belajar rendah yang belajar dengan pre-reading plan memiliki kepedulian sosial lebih rendah daripada siswa dengan teknik konvensional (1.2080E2 > 1.2200E2). 5) Tidak terdapat interaksi pengaruh penggunaan teknik pembelajaran dan minat belajar IPS terhadap kepedulian sosial siswa (F test = 2.199; Sig 0,150).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pre-reading plan, minat belajar IPS, kepedulian sosial
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2016 06:08
Last Modified: 29 Jan 2019 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30531

Actions (login required)

View Item View Item