Pendidikan Karakter dalam Lingkungan Keluarga

Sukiyani, Fita (2013) Pendidikan Karakter dalam Lingkungan Keluarga. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fita-sukiyani-10705251027.swf

Download (115MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga, baik keluarga lengkap maupun single parent. Lokasi penelitian dilakukan di Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini anak-anak, orang tua, dan keluarganya, yang terdiri dari 5 keluarga lengkap dan 5 keluarga single parent. Objek penelitian ini adalah proses pendidikan karakter anak dalam keluarga yang berupa sikap dan perilaku anak dan orang tuanya dalam berinteraksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, indepth interview, dan dokumentasi. Hasil wawancara dan observasi penulis catat dalam catatan lapangan. Data dianalisis menggunakan pendekatan induktif dengan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi data yang diperoleh dari lapangan. Adapun teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan data serta member checking. Hasil penelitian ini adalah pandangan keluarga terhadap pendidikan karakter dalam perkembangan anak dipengaruhi oleh harapan orang tua pada anaknya. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan oleh orang tua pada anak antara lain kejujuran, religius, demokratis, komunikatif, disiplin, kerja keras, tanggung jawab, rendah hati, kemandirian, dan empati. Orang tua mendidikkan karakter pada anak melalui pengasuhan yang baik, mencontohkan perilaku dan pembiasaan, pemberian penjelasan atas tindakan, penerapan standar yang tinggi dan realistis bagi anak, dan melibatkan anak dalam pengambilan keputusan. Hasil pendidikan karakter dalam keluarga menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh dalam keluarga lengkap merasa lebih terpenuhi kasih sayangnya, jumlah anak-anak yang bermasalah lebih sedikit, jumlah anak yang mandiri lebih sedikit jika dibandingkan dengan anak dari keluarga single parent, namun demikian anak-anak lebih penurut. Dalam keluarga single parent, anak merasa kurang kasih sayang, jumlah anak yang bermasalah lebih banyak, jumlah anak yang mandiri lebih banyak daripada anak dari keluarga lengkap, namun jumlah anak-anak kurang penurut lebih banyak. Kendala dalam proses pendidikan karakter dalam keluarga antara lain: kondisi keluarga yang tidak harmonis, hubungan orang tua dan anak yang tidak dekat, pengasuhan yang kurang baik, kondisi sosial ekonomi yang kurang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: karakter, keluarga
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2016 04:41
Last Modified: 29 Jan 2019 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30529

Actions (login required)

View Item View Item