Analisis Muatan Pendidikan Karakter Buku Teks IPS SMP di Kota Surakarta

Permatasari, Fetty (2013) Analisis Muatan Pendidikan Karakter Buku Teks IPS SMP di Kota Surakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fetty-permatasari-09705251011.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap: (1) muatan pendidikan karakter yang tersaji dalam materi buku teks IPS SMP di Kota Surakarta, (2) kesesuaian nilai-nilai karakter yang diintegrasikan dalam buku teks dengan peta nilai untuk siswa SMP berdasarkan bahan pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa, dan (3) kesesuaian pendekatan pendidikan karakter dalam buku teks dengan pendekatan komprehensif. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten inferensial. Fokus penelitiannya adalah muatan pendidikan karakter pada materi IPS yang disajikan dalam buku teks IPS SMP kelas VII semester 1 di Kota Surakarta. Sumber data penelitian ini adalah buku-buku IPS yang digunakan di SMP se-Kota Surakarta yang dipilih secara purposif yaitu (1) Mari Belajar IPS 1 untuk SMP/MTs Kelas VII penerbit Pusat Perbukuan, (2) IPS Terpadu 1, SMP/MTs Kelas VII penerbit Yudhistira, dan (3) IPS Terpadu 1A untuk SMP/MTs Kelas VII penerbit Erlangga. Teknik analisis konten melibatkan tiga orang rater yang dibekali dengan pedoman lembar analisis muatan pendidikan karakter. Pedoman ini dalam bentuk rating scale dengan skala gradasi 3, 2, 1, dan 0 yang divalidasi melalui proses expert judgement. Reliabilitas instrumen penelitian dihitung dengan formula indeks reliabilitas antar-rater Krippendorff’s Alpha dengan indeks reliabilitas terendah sebesar 0,761 dan tertinggi 0,940. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga buku teks memuat pendidikan karakter berupa nilai-nilai karakter, yang disajikan secara eksplisit dan implisit. Namun, pengembangan muatan pendidikan karakter dalam tiap buku teks berbeda-beda tergantung pada materi yang disajikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa muatan pendidikan karakter dalam ketiga buku teks berkategori kurang memadai dengan rerata sebesar 31,33%. Dilihat dari tiap-tiap buku: Mari Belajar IPS 1 berkategori tidak memadai dengan rerata 22,77%; IPS Terpadu 1 berkategori kurang memadai dengan rerata 43,86%; dan IPS Terpadu 1A berkategori kurang memadai dengan rerata 27,47%. Cakupan muatan pendidikan karakter pada aspek nilai-nilai karakter berkategori kurang memadai, dengan rerata 31,05% dan aspek pendekatan komprehensif berkategori kurang memadai, dengan rerata 31,92%. Nilai-nilai karakter yang paling banyak diintegrasikan pada ketiga buku: kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, religius, kerja keras, bersahabat dan peduli sosial. Nilai karakter yang tidak diintegrasikan pada ketiga buku: semangat kebangsaan. Metode dalam pendekatan komprehensif yang paling banyak diintegrasikan pada ketiga buku yaitu pengembangan keterampilan akademik dan sosial.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, buku teks IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 29 Mar 2016 04:29
Last Modified: 29 Mar 2016 04:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30527

Actions (login required)

View Item View Item