PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) TIPE LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XG SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Astari, Chairunnisa (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) TIPE LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XG SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
skripsi__Chairunnisa Astari_12803244023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keaktifan Belajar Akuntansi Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran (Active Learning) dengan Tipe Learning Starts With A Question (LSQ) Kelas XG SMA Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Materi yang digunakan yaitu mekanisme debet/kredit dan jurnal umum dengan Model Active Learning Tipe Learning Starts With A Question. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas XG SMA Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui obervasi, dokumentasi, catatan lapangan dan wawancara. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Penerapan Model Pembelajaran Aktif (Active Learning) dengan Tipe Learning Starts With A Question (LSQ) dapat Meningkatkan Keaktifan Belajar Akuntansi Siswa Kelas XG SMA Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Peningkatan keaktifan belajar siswa terlihat dari kenaikan persentase rata-rata keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi di kelas. Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa tersebut dapat dilihat dari rata-rata kekatifan belajar siswa pada siklus I menunjukkan 76,13% siswa telah aktif dan rata-rata keaktifan siswa pada siklus II meningkat menjadi 94,71%. Peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus I ke skilus II sebesar 18,58%. Jadi indikator keberhasilan pada keaktifan siswa kelas XG telah tercapai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Learning Starts With A Question, Keaktifan Belajar Siswa.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 29 Mar 2016 00:43
Last Modified: 30 Jan 2019 07:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30519

Actions (login required)

View Item View Item