Manajemen Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Kabupaten Bantul

Rokhmawati, Erna (2013) Manajemen Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-erna-rokhmawati-10705251005.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran IPS di SMP Kabupaten Bantul. Manajemen pembelajaran IPS di SMP Kabupaten Bantul meliputi perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, dan cara penilaian hasil belajar yang dilaksanakan guru IPS di Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini adalah kualitatif naturalistik. Tempat penelitian adalah Kabupaten Bantul. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan bulan September 2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif induktif, dengan langkah-langkah mengembangkan kategori dan pengkodean. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) perencanaan pembelajaran yang dilaksanakan guru IPS di SMP Kabupaten Bantul yaitu menyusun silabus, program tahunan, program semester, dan RPP. Kendala yang dihadapi dalam perencanaan pembelajaran IPS adalah keterbatasan waktu. Solusi yang dilakukan guru IPS tersebut adalah dengan mengerjakan perencanaan pembelajaran di rumah; (2) pengorganisasian pembelajaran yang dilakukan guru IPS antara lain: membentuk kelompok, memfasilitasi pembelajaran, mengatur diskusi, mengarahkan siswa, mengatur waktu, dan mengatur materi. Kendala yang dihadapi adalah kesulitan memfokuskan siswa pada pelajaran. Solusi yang dilakukan adalah dengan mengatur pertanyaan-pertanyaan yang diberikan pada siswa; dan (3) cara penilaian hasil belajar yang dilaksanakan guru IPS dengan menggunakan teknik tes (tertulis & lisan) dan non tes yaitu dengan penilaian proses. Kendala yang dihadapi guru IPS adalah sebagian besar siswa tidak termotivasi dalam mengikuti pelajaran. Solusinya guru IPS seyogyanya menuntaskan pembelajaran, agar siswa termotivasi, sehingga prestasi belajar dapat meningkat dan guru melanjutkan materi berikutnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen, pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 28 Mar 2016 10:20
Last Modified: 28 Mar 2016 10:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30515

Actions (login required)

View Item View Item