Evaluasi Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri se-Kabupaten Kulon Progo

Sujiyo, Sujiyo (2013) Evaluasi Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri se-Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sujiyo-05701254016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru Pendidikan Agama Islam SDN se Kabupaten Kulon Progo, dipandang dari empat kompetensi, yaitu: (1) kompetensi kepribadian, (2) kompetensi pedagogik, (3) kompetensi sosial, dan (4) kompetensi profesional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model Goal-Oriented Evaluation. Subjek penelitian adalah 78 orang guru Pendidikan Agama Islam, 78 orang kepala sekolah, 78 orang guru teman sejawat yang senior dan 78 siswa. Data dikumpulkan menggunakan angket, lembar observasi, lembar penilaian, dokumentasi dan wawancara. Validasi instrumen dilakukan dengan validitas isi dan validitas konstruk. Relabilitas instrumen dianalisis menggunakan rumus Alpha Cronbach. Indeks/koefisien reliabilitas instrumen data isian guru sebesar 0,941, indeks/koefisien reliabilitas instrumen data isian guru rekan sejawat sebesar 0,784 dan data isian siswa sebesar 0,728. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis deskriptif kuantitatif menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam SDN se-Kabupaten Kulon Progo memiliki kinerja sangat tinggi/baik. Dari empat kompetensi, dua kompetensi mendapat penilaian sangat baik, yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, sedangkan kompetensi sosial dan profesional mendapatkan penilaian tinggi. Kompetensi kepribadian menurut pendapat siswa, penilaian diri, rekan sejawat dan kepala sekolah berada dalam kategori sangat tinggi. Kompetensi pedagogik menurut pendapat siswa, penilaian diri, rekan sejawat dan kepala sekolah juga berada dalam kategori sangat tinggi. Kompetensi sosial menurut persepsi siswa dalam kategori tinggi. Sedangkan menurut penilaian diri, rekan sejawat dan kepala sekolah berada dalam kategori sangat tinggi. Kompetensi profesional menurut pendapat siswa dalam kategori tinggi. Sedangkan menurut penilaian diri, rekan sejawat dan kepala sekolah berada dalam kategori sangat tinggi. Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam SDN se Kabupaten Kulon Progo dalam melaksanakan tugas profesionalnya, yaitu: (a) kurangnya fasilitas pendukung beribadah, (b) kurangnya air untuk berwudlu, dan (c) tidak seimbang antara kompetensi dengan waktu yang tersedia.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi kinerja, guru, pendidikan agama Islam
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Filsafat. Psikologi. Agama > Studi Islam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2016 09:10
Last Modified: 18 Jul 2022 06:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30513

Actions (login required)

View Item View Item