GAYA BAHASA IKLAN MINUMAN CAPRI-SONNE BERBAHASA JERMAN

Sholihah, Sulistiyowati (2016) GAYA BAHASA IKLAN MINUMAN CAPRI-SONNE BERBAHASA JERMAN. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
SHOLIHAH SULISTIYOWATI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) gaya bahasa yang terdapat dalam iklan minuman Capri- Sonne berbahasa Jerman dan (2) peranan visual yang terdapat dalam iklan minuman Capri-Sonne berbahasa Jerman terhadap teks iklan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber penelitian ini diperoleh dari internet berupa iklan kalimat dan gambar yang terdapat pada web dan artikel online periode 2012-2014. Data penelitian ini adalah satuan lingual berupa kata, frasa, kalimat, dan visual iklan Capri-Sonne. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan teknik catat. Instrumen utama penelitian ini adalah penulis sendiri (human instrument). Analisis data menggunakan metode padan referensial. Uji validitas berupa validitas semantik dan uji reliabilitas yaitu interrater dan intrarater. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat (1) enam kategori gaya bahasa yang terdapat dalam iklan minuman Capri-Sonne berbahasa Jerman, yaitu empat gaya bahasa elipsis, tiga gaya bahasa asonansi, dua gaya bahasa metonimia, satu gaya bahasa metafora, satu gaya bahasa erotesis atau pertanyaan retoris, dan satu makna denotatif; (2) peranan visual yang tampak dalam iklan minuman Capri-Sonne berbahasa Jerman ditunjukkan melalui model iklan, kemasan Capri-Sonne, dan latar iklan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gaya bahasa, iklan minuman, Capri-Sonne
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 30 Mar 2016 07:48
Last Modified: 30 Jan 2019 07:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30507

Actions (login required)

View Item View Item