Rohmah, Andriani (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK THINK PAIR SQUARE PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 5 PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
|
Text
ROHMAH ANDRIANI.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X di SMA Negeri 5 Purworejo antara yang diajar dengan teknik Think Pair Square dan yang diajar dengan teknik konvensional, dan(2) keefektifan penggunaan teknik Think Pair Square pada pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Data diperoleh melalui pre-test dan post-test.. Sampel diperoleh dari teknik simple random sampling. Penelitian ini memiliki dua variabel, yaitu penggunaan teknik Think Pair Square sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan membaca bahasa Jerman sebagai variabel terikat (Y). Reliabilitas dihitung dengan rumus K-R 20 sebesar 0,817. Hasil analisis data dihitung dengan menggunakan uji-t menghasilkan nilai thitung sebesar 3,838 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,000 dengan taraf signifikansi α= 0,05 dan bobot keefektifannya8,77%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik Think Pair Squarelebih efektif dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan membacabahasa Jerman, teknik Think Pair Square |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS |
Date Deposited: | 30 Mar 2016 07:47 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30506 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |