HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN KOMUNIKASI DENGAN PENERIMAAN SOSIAL DALAM EKSTRAKURIKULER PLETON INTI DI SMA NEGERI 1 KALASAN

Afrilianingsih, Afrilianingsih (2016) HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN KOMUNIKASI DENGAN PENERIMAAN SOSIAL DALAM EKSTRAKURIKULER PLETON INTI DI SMA NEGERI 1 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan komunikasi dengan penerimaan sosial dalam ekstrakurikuler Pleton Inti di SMA Negeri 1 Kalasan. Selain itu, mengetahui besarnya sumbangan efektif keterampilan komunikasi terhadap penerimaan sosial dalam ekstrakurikuler Pleton Inti di SMA Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional, dengan tekniki analisisproduct moment. Subjek penelitian adalah anggota ekstrakurikuler Pleton Inti di SMA Negeri 1 Kalasan yang terdiri dari 26 anggota siswa kelas XI dan 70 anggota siswa kelas X. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified proportional random sampling.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November tahun 2015. Teknik pengumpulan data menggunakan skala keterampilan komunikasi dan skala penerimaan sosial. Hasil dari penelitian ini adalah ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan komunikasi dengan penerimaan sosial dalam ekstrakurikuler Pleton Inti di SMA Negeri 1 Kalasan dengan koefisien korelasi sebesar 0,601 dan signifikansi sebesar 0,000 pada taraf signifikansi 1%. Artinya, semakin tinggi keterampilan komunikasi yang dimiliki, semakin tinggi pula penerimaan sosial yang diperoleh. Besarnya sumbangan efektif yang diberikan variabel keterampilan komunikasi terhadap penerimaan sosial adalah 36,2 %. Kata Kunci : keterampilan komunikasi, penerimaan sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 28 Mar 2016 04:37
Last Modified: 28 Mar 2016 04:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30502

Actions (login required)

View Item View Item