Masalah Psikologis Tokoh Utama Andreas dalam Erzählung Der Zug War Pünktlich Karya Heinrich Böll: Analisis Psikologi Freud

Dhian Pratiwi, Trimurti (2015) Masalah Psikologis Tokoh Utama Andreas dalam Erzählung Der Zug War Pünktlich Karya Heinrich Böll: Analisis Psikologi Freud. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Trimurti Dhian Pratiwi_11203244007.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan masalah psikologis yang dialami tokoh utama Andreas dalam Erzählung Der Zug war pünktlich karya Heinrich Böll dan upaya penanganan masalah psikologis tokoh utama dengan menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud. Sumber data adalah naskah Erzählung Der Zug war pünktlich karya Heinrich Böll yang diterbitkan oleh Deutscher Taschenbuch Verlag pada tahun 1972. Data diperoleh dengan teknik pembacaan tersurvey, terfokus, dan verifikasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif. Keabsahan data dengan validitas semantik dan expert judgement. Reliabilitas adalah reliabilitas intrarater dan interrater. Hasil menunjukkan masalah psikologis Andreas, yakni neurosis akibat perang yang ditandai dengan: peristiwa traumatis, ketakutan yang berlebihan, kecemasan, tidak berdaya, menderita dan menolak cinta atau kebahagiaan, dan mimpi buruk. Upaya menyelesaian masalah psikologis melalui mekanisme pertahanan, yaitu pemindahan, rasionalisasi, regresi, dan apatis. Pemindahan berupa merokok, rasionalisasi berupa kerelaan untuk menderita agar dosa-dosanya dimaafkan, regresi berupa menangis seperti anak kecil, dan apatis berupa mabuk agar tidak sadar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Erzählung, Psikologi sastra, psikoanalis Sigmund Freud, neurosis akibat perang.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 30 Mar 2016 07:47
Last Modified: 30 Jan 2019 07:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30492

Actions (login required)

View Item View Item