KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK CONCEPT MAPPING DAN TEKNIK CONCEPT SENTENCE PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 MINGGIR SLEMAN

Otmeikal Detunt, Hafiz (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK CONCEPT MAPPING DAN TEKNIK CONCEPT SENTENCE PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 MINGGIR SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HAFIZ OTMEIKAL DETUNT.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keefektifan penggunaan teknik Concept Mapping pada peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Minggir Sleman, (2) keefektifan penggunaan teknik Concept Sentence pada peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Minggir Sleman, (3) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis bahasa Jerman antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan teknik Concept Mapping dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran teknik Concept Sentence peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Minggir Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan control-experiment group pretest posttest design. Teknik penyampelan yang digunakan adalah simple random sampling. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi (content validity). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji-t pada taraf signifikansi α 5%. Hasil penelitian menunjukkan thitung= 3.022 lebih besar dari pada ttabel sebesar 2,003, pada taraf sinifikansi α = 0,05 dan df sebesar 56. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen 1 (XI IPA 1) dan kelas eksperimen 2 (XI IPA 2). Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen 1 sebesar 77.39 lebih besar dari kelas eksperimen 2 yaitu 76.00 dan bobot keefektifan 4.74%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik Concept Mapping dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Minggir Sleman lebih efektif daripada teknik Concept Sentence.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Bahasa Jerman, Teknik Concept Sentence , Teknik Concept Mapping.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 30 Mar 2016 07:47
Last Modified: 30 Jan 2019 07:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30490

Actions (login required)

View Item View Item