Manajemen Program Akselerasi Bagi Anak Berbakat di SMP Negeri 5 Yogyakarta

Rochmah, Fitri Nur (2013) Manajemen Program Akselerasi Bagi Anak Berbakat di SMP Negeri 5 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fitri-nur-rochmah-05703254005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan langkah-langkah dan prosedur seleksi peserta program akselerasi, manajemen program akselerasi, dan hambatan dalam manajemen program akselerasi di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan tempat penelitian adalah SMP Negeri 5 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan meliputi: reduksi data, display data, dan verifikasi data, Pemeriksaan keabsahan data penelitian dilakukan dengan memperpanjang waktu penelitian dan trianggulasi. Hasil Penelitian mengungkapkan bahwa ada lima hal penting yang ditemukan dalam penelitian ini . Pertama, Siswa yang diterima sebagai peserta program akselerasi adalah yang memenuhi kriteria : (a) psikologis: IQ ≥ 125; CQ ≥ 120; TC ≥ 120; (b) akademis: UAN rata-rata di atas 7,0, tes masuk rata-rata diatas 70, nilai rapor di atas 7,0 , (c) informasi subyektif, yaitu nominasi dan rekomendasi yang diperoleh dari orang tua, teman sebaya, diri sendiri dan guru sebagai hasil dari pengamatan; (d) non-akademik: kesediaan calon siswa dan persetujuan orang tua serta mempunyai kesehatan fisik. Kedua, manajemen akselarasi pada tahap perencanaan dititikberatkan pada penyusunan program kerja guru, pemilihan strategi dan metode pembelajaran, mempersiapkan kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler, menyusun, mengolah kembali kurikulum KTSP dan menempatkan siswa pada kelas khusus. Ketiga, manajemen program percepatan belajar pada tahap pelaksanaan difokuskan pada pembagian tugas mengajar, menyusun jadwal, mengadakan buku pelajaran, supervisi kelas, mengadakan pengayaan dan remidi, bimbingan belajar, evaluasi belaiar, mensosialisasikan tata tertib,mengatur jadwal dan sarana prasarana yang dibutuhkan untuk studi lapangan, merekap kehadiran guru dan menyiapkan beberapa administrasi yang dibutuhkan dalam kegiatan KBM, Keempat, manajemen program akselasi pada tahap evaluasi meliputi (a) bidang kurikulum meliputi melihat ketuntasan dan daya serap terhadap target materi, (b) evaluasi terhadap guru, yaitu dengan melihat administrasi pengajaran, (c) evaluasi terhadap bidang sarana prasarana dengan selalu memperhatikan beberapa masukan yang berkaitan dengan permasalahan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, Kelima, hambatan dalam manajemen program akselerasi di SMP N 5 Yogyakarta adalah sulitnya mengatur jadwal mengajar guru, dan mengatur jadwal studi lapangan, mengatur jadwal pelajaran (struktur program sama dengan kelas reguler tetapi waktu penyelesaian kurikulum lebih dipercepat dari kelas reguler).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen, program akselerasi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2016 03:04
Last Modified: 03 Jan 2023 07:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30489

Actions (login required)

View Item View Item