ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU TEKS SEJARAH PEMINATAN SMA KELAS X DENGAN STANDAR ISI KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Nafiah, Reza Zitna (2015) ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU TEKS SEJARAH PEMINATAN SMA KELAS X DENGAN STANDAR ISI KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
2. SKRIPSI FULL 11406244021.swf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Keberadaan buku ajar atau buku teks pelajaran tidak bisa lepas dari kurikulum yang diberlakukan. Pada saat kurikulum lama diganti isi atau materi buku teks pun harus disesuaikan dengan kurikulum baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian materi buku teks Sejarah Peminatan SMA Kelas X dengan Standar Isi Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian Analisis Konten. Analisis Konten dipilih karena sesuai dengan jenis datanya yaitu berupa isi dari sebuah buku atau dokumen. Sumber data yang dikumpulkan dan dikaji dalam penelitian ini adalah pihak yang terkait seperti Kepala Sekolah dan Guru mata pelajaran sejarah peminatan dari SMA N 1 Sleman, SMA N 1 Kalasan, SMA N 1 Prambanan, SMA N 1 Pakem, SMA N 1 Seyegan, SMA N 1 Godean, dan SMA N 2 Ngaglik serta buku pelajaran yang digunakan dari masing-masing sekolah tersebut. Pengumpulan data dari penelitian ini melalui wawancara, observasi dan lembar penilaian. Validitas data menggunakan validitas konstruk. Analisis data menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, display data, penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) kesesuaian buku teks sejarah peminatan SMA Kelas X yang diterbitkan oleh Erlangga dengan judul buku Sejarah Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial karya Ratna Hapsari dan Adil mempunyai prosentase 80% dari nilai tertinggi 100% termasuk kriteria yang sangat sesuai dengan Standar Isi Kurikulum 2013. 2) kesesuaian buku teks sejarah peminatan SMA Kelas X yang diterbitkan oleh Yrama Widya dengan judul buku Sejarah Untuk SMA/MA Kelas X Kelompok Peminatan Ilmu-ilmu Soaial karya Darussalam dan Samsul Farid mempunyai prosentase 65% dari nilai tertinggi 100% termasuk kriteria cukup sesuai dengan Standa Isi Kurikulum 2013. 3) kesesuaian buku teks sejarah peminatan SMA Kelas X yang diterbitkan oleh Yudhistira dengan judul buku Sejarah untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013: Peminatan Ilmu-ilmu Sosial karya Hermawan dan Ufi saraswati mempunyai prosentase 72.5% dari nilai tertinggi 100% termasuk kriteria yang sesuai dengan Standar Isi Kurikulum 2013. Kata kunci : Kesesuaian Materi, Buku Teks, Standar Isi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 28 Mar 2016 01:20
Last Modified: 30 Jan 2019 07:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30483

Actions (login required)

View Item View Item