FUNGSI DAN BENTUK PENYAJIAN MUSIK KESENIAN GAMBANG SEMARANG PADA GRUP ART COMPANY

Mayasari, Mayasari (2016) FUNGSI DAN BENTUK PENYAJIAN MUSIK KESENIAN GAMBANG SEMARANG PADA GRUP ART COMPANY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 2020.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fungsi dan bentuk penyajian musik kesenian Gambang Semarang pada grup Art Company. Objek penelitian ini difokuskan pada kesenian Gambang Semarang pada grup Art Company. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dengan data primer dan data sekunder. Penelitian ini mengunakan instrumen diri sendiri atau human instrumen. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahap antara lain: reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi musik Gambang Semarang art company adalah a). sebagai pengungkapan emosional, b). Sebagai fungsi hiburan, c). sebagai fungsi komunikasi, d). sebagai fungsi pendidikan,e). sebagai fungsi ritual, f). sebagai fungsi ekonomi. Bentuk penyajian musik kesenian Gambang Semarang Art Company berupa ansambel dikemas bersama-sama dengan tari-tarian dan drama komedi. Alat musik yang digunakan meliputi a). gambang kontra bass, b). gambang melodi, c). saron, d). demung, e). peking, f). kecrek, g). bonang, h). kendang, i). gong, j). kempul, k).erhu, l). Zhonghu, m).yangqin, n). flute. Unsur-unsur penyajian meliputi perlengkapan pementasan, pemain, alat musik, lagu, setting pementasan, dan urutan penyajian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 24 Mar 2016 07:42
Last Modified: 02 Oct 2019 01:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30472

Actions (login required)

View Item View Item