Keefektifan Penggunaan Media Poster dan Mind Mapping dalam Pembelajaran Keterampilan Berpidato Siswa SMK

Bhakti, Wirayudha Pramana (2013) Keefektifan Penggunaan Media Poster dan Mind Mapping dalam Pembelajaran Keterampilan Berpidato Siswa SMK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wirayudha-pramana-bhakti-10706251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu belum diketahuinya keefektifan penggunaan media mind mapping dan poster serta belum diketahui media mana yang lebih efektif diantara kedua media tersebut dalam pembelajaran keterampilan berpidato siswa SMK. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi (1) perbedaan keefektifan antara penggunaan media mind mapping dengan pembelajaran tanpa media dalam pembelajaran keterampilan berpidato siswa SMK, (2) perbedaan keefektifan antara penggunaan media poster dengan pembelajaran tanpa media dalam pembelajaran keterampilan berpidato siswa SMK, serta (3) perbedaan keefektifan penggunaan media poster dengan media mind mapping dalam pembelajaran keterampilan berpidato siswa SMK. Desain eksperimen yang digunakan adalah Randomized Pretest-Posttest Control Group Design, dengan dua kelompok eksperimen, masing-masing diberi perlakuan dengan media mind mapping dan media poster, serta satu kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X jurusan otomotif SMK Diponegoro Depok, Sleman, Yogyakarta. Penentuan kelompok kontrol dan eksperimen dilakukan secara random. Pengumpulan data penenelitian melalui lembar penilaian performansi keterampilan berpidato. Instrumen divalidasi dengan uji validitas isi yang melibatkan expert judgment. Teknik interrater digunakan untuk menguji reliabilitas instrumen. Data dianalisis dengan Anava dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media mind mapping lebih efektif dibandingkan pembelajaran tanpa media dalam pembelajaran keterampilan berpidato siswa SMK, dibuktikan dengan batas atas dan batas bawah kelas eksperimen 1 terhadap kelas kontrol yang lebih besar daripada kelas kontrol terhadap kelas eksperimen 1 (11,00 dan 4,50 > -4,50 dan -11,00), (2) media poster lebih efektif dibandingkan pembelajaran tanpa media dalam pembelajaran keterampilan berpidato siswa SMK, dibuktikan dengan batas atas dan batas bawah kelas eksperimen 2 terhadap kelas kontrol yang lebih besar daripada kelas kontrol terhadap kelas eksperimen 2 (7,60 dan 1,10>-1,10 dan -7,60), dan (3) media mind mapping merupakan media yang paling efektif dibandingkan dengan media poster dalam pembelajaran keterampilan berpidato siswa SMK, hal tersebut dibuktikan dengan batas atas dan batas bawah kelas eksperimen 1 terhadap kelas eksperimen 2 yang lebih besar daripada kelas eksperimen 2 terhadap kelas eksperimen 1 (6,65 dan 0,15 > -0,15 dan -6,65). Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media mind mapping merupakan media paling efektif dibandingkan dengan media poster dan pembelajaran tanpa media dalam pembelajaran keterampilan berpidato siswa SMK.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, pembelajaran, poster, mind mapping, berpidato
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2016 04:59
Last Modified: 24 Nov 2022 03:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30460

Actions (login required)

View Item View Item